Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Hewan Monogami dan Contohnya

Hewan Monogami adalah hewan yang hanya memiliki satu pasangan seumur hidupnya atau hanya memiliki satu pasangan dalam jagka waktu yang cukup lama.

Pengertian Hewan Monogami dan Contohnya

Monogami didefinisikan sebagai ikatan pasangan antara dua hewan dewasa dari spesies yang sama - biasanya dari lawan jenis. Pasangan ini dapat hidup bersama di suatu daerah atau wilayah selama beberapa waktu, dan dalam beberapa kasus dapat bersanggama dan bereproduksi hanya dengan satu sama lain. 

Monogami bisa bersifat jangka pendek, berlangsung satu hingga beberapa musim atau jangka panjang, berlangsung banyak musim dan dalam kasus-kasus ekstrem, seumur hidup. Monogami dapat dipartisi menjadi dua kategori, monogami sosial dan monogami genetik yang dapat terjadi bersama dalam beberapa kombinasi, atau sepenuhnya independen satu sama lain. 

Sebagai contoh, pada spesies cichlid Variabilichromis moorii , pasangan monogami akan merawat telur dan muda bersama, tetapi telurnya mungkin tidak semua dibuahi oleh jantan yang memberikan perawatan.  Monogami pada mamalia agak jarang, hanya terjadi pada 3-9% dari spesies ini. 

Persentase lebih besar dari spesies unggas diketahui memiliki hubungan monogami (sekitar 90%), tetapi sebagian besar spesies unggas mempraktikkan sosial tetapi bukan monogami genetik, berbeda dengan apa yang sebelumnya diasumsikan oleh para peneliti. Monogami cukup langka pada ikan dan amfibi, tetapi tidak pernah terdengar, muncul dalam beberapa spesies tertentu.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas monogomi dibagi menjadi 2:

1. Monogami Sosial
Monogami sosial mengacu pada hidup bersama dari satu jantan dan satu betina. Kedua individu dapat bekerja sama dalam mencari sumber daya seperti makanan dan tempat tinggal dan atau dalam merawat anak .

2. Monogami Genetik
Monogami genetik mengacu pada sistem perkawinan di mana kesetiaan pasangan ikatan dipertunjukkan. Meskipun pasangan individu mungkin secara genetik monogami, tidak ada satu spesies pun yang diidentifikasi sebagai sepenuhnya genogami secara genetik.

Contoh Hewan Monogami

 1. Burung parkit
Burung parkit adalah hewan sosial yang bisa merasa sedih dan kesepian saat gak punya teman. Itu sebabnya, burung parkit adalah salah satu hewan paling setia bagi pasangan mereka. Mereka membutuhkan pasangan dalam sangkar mereka untuk bisa bahagia.

Bahkan, setelah berkenalan, mereka gak akan meninggalkan satu sama lain. Kematian seorang teman atau pasangan adalah hal yang menyakitkan bagi parkit. Mereka bisa menderita akibat gangguan kecemasan yang luar biasa.


2. Berang-berang (Castor)
Bahkan, saat menjadi orangtua, berang-berang akan bersama-sama memelihara sarang, membuat lubang besar dan saling mendukung untuk bertahan hidup. Ketika anak berang-berang beranjak dewasa, mereka akan meninggalkan koloni untuk membentuk koloni yang baru.

Namun, saat ada yang kekurangan makanan, berang-berang akan tetap bersama keluarga mereka sampai mereka lebih banyak. Bahkan, saat mencari makan sendiri, berang-berang gak bergerak jauh dari orangtua mereka ketika membangun koloni baru.


3. Penguin jambul kuning
Setelah menemukan pasangan, mereka akan pulang ke tempat terakhir mereka membuat sarang. Faktanya, penguin jambul kuning bisa sangat agresif saat melihat penguin lain mencoba merayu pasangan mereka.


4. Angsa (Cygnus)
Angsa adalah binatang yang hidup berpasangan. Pada musim dingin, mereka mencari pasangan yang potensial. Lalu, angsa akan berenang mendekat satu sama lain dan melakukan gerakan leher khasnya.

Setelah bertelur, sang betina akan merawatnya dan sang jantan akan menggantikan sesekali. Mereka membangun hubungan jangka panjang dengan pasangan mereka. Bahkan, setelah pasangannya mati, mereka gak akan pernah mencari pasangan lain lagi.


5. Siamang (Hylobatidae)
Bagi mereka, berpasangan mengoptimalkan sumber makanan dan menghemat energi untuk melindungi wilayah mereka. Mereka menghabiskan hari-hari mereka bersama, berbagi makanan dan merawat anak-anak mereka.

6. Serigala abu-abu (Canis lupus)
Serigala abu-abu hidup berkelompok dan sangat setia kepada pasangan mereka. Mereka pun rela mati demi menjaga anak-anak mereka.


7. Ikan bidadari prancis (Pomacanthus paru)
Meskipun mereka gak peduli dengan telur mereka setelah menetas, pasangan ikan ini akan hidup bersama selamanya. Mereka pun saling melindungi dari serangan ikan lain. Bahkan di dalam tangki ikan sekalipun, mereka tetap akan mempertahankan peran teritorial ini.


Itu tadi hewan paling setia di dunia. Kesetiaan dan pengorbanan mereka pantas untuk diteladani. Dari pasangan yang ada, mana yang jadi favoritmu? Sampaikan pendapatmu di kolom komentar ya.


Sumber:
wikipedia
Idntimes

Posting Komentar untuk "Pengertian Hewan Monogami dan Contohnya"