Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Burung Elang dan Burung Alap-Alap

Burung Elang

Perbedaan Burung Elang dan Burung Alap-Alap

Elang merupakan salah satu dari hewan yang terdapat di seluruh Indonesia. Dalam Bahasa inggris, eagle atau elang merujuk pada burung pemangsa berukuran besar dari suku Accipitridae terutama genus Aquila.Elang adalah hewan berdarah panas, mempunyai sayap dan tubuh yang diselubungi bulu pelepah. Sebagai burung, elang berkembang biak dengan cara bertelur yang mempunyai cangkang keras di dalam sarang yang dibuatnya. Ia menjaga anaknya sampai mampu terbang.

Elang merupakan hewan pemangsa. Makanan utamanya hewan mamalia kecil seperti tikus, tupai, kadal, ikan dan ayam, juga jenis-jenis serangga tergantung ukuran tubuhnya. Terdapat sebagian elang yang menangkap ikan sebagai makanan utama mereka.Biasanya elang tersebut tinggal di wilayah perairan. Paruh elang tidak bergigi tetapi melengkung dan kuat untuk mengoyak daging mangsanya. Burung ini juga mempunyai sepasang kaki yang kuat dan kuku yang tajam dan melengkung untuk mencengkeram mangsa serta daya penglihatan yang tajam untuk memburu mangsa dari jarak jauh tak terkira.

Elang mempunyai sistem pernapasan yang baik dan mampu untuk membekali jumlah oksigen yang banyak yang diperlukan ketika terbang. Jantung burung elang terdiri dari empat bilik seperti manusia. Bilik atas dikenal sebagai atrium, sementara bilik bawah dikenali sebagai ventrikel.

Burung Alap-alap

Perbedaan Burung Elang dan Burung Alap-Alap

Alap-alap merupakan sebutan untuk Burung pemangsa anggota keluarga Falconidae. Berbeda dengan Elang, Elang-alap dan Rajawali dari suku Accipitridae, Alap-alap memiliki sayap yang lebih sempit dan runcing, paruh lebih pendek dan melengkung, kepal membulat, iris mata gelap serta gaya terbang yang lebih cepat dan akrobatis. Alap-alap mempunyai penglihatan yang tajam dan memiliki akurasi 2,6 kali penglihatan manusia. Sejak dulu Alap-alap merupakan teman petani karena mereka memangsa tikus sawah, Alap-alap juga dapat dijadikan peliharaan bila dilatih sejak kecil dengan sabar.

Perbedaan Burung Elang dan Burung Alap-Alap

Bentuk Kepala

Alap-alap memiliki kepala yang pendek bulat serta sayap yang panjang, ramping dan runcing di ujung. Sedangkan elang memiliki kepala ramping, runcing, serta sayap yang lebih lebar dan membulat di ujung.

Ukuran tubuh

Tubuh elang lebih besar dari alap-alap (kecuali elang tikus yang ukurannya cukup kecil). Elang dengan ukurannya yang besar mampu memburu hewan-hewan besar sebagai mangsanya. Elang emas misalnya bahkan mampu memburu dan memangsa serigala karena ukurannya cukup besar. Sedangkan alap-alap umumnya hanya memburu mangsa yang lebih kecil seperti burung merpati, kadal dan hewan kecil lain.

Bentuk Sayap

Cara paling mudah membedakan elang dan alap-alap adalah dari bentuk ujung sayapnya ketika terbang. Bila dilihat dari bawah, sayap elang cenderung lebar dan ujungnya menjari sedangkan sayap alap-alap memiliki ujung yang meruncing. Oleh karena bentuk sayapnya ini, alap-alap mampu terbang lebih cepat dari elang. Alap-alap bahkan dikenal sebagai hewan tercepat di dunia. Alap-alap kawah mampu terbang dengan kecepatan 390 km/jam ketika memburu mangsanya.

Ordo Falconiformes

Elang dan alap-alap merupakan anggota ordo Falconiformes namun mereka berbeda famili. Ordo Falconiformes di Indonesia tersebar dari ujung barat hingga ujung timur dan menghuni baik lautan hingga pegunungan tinggi.

  • Falconiformes dibedakan menjadi 4 famili yaitu.
  • Famili Falconidae yang anggotanya adalah alap-alap
  • Famili Accipitridae yang anggotanya adalah elang
  • Pandionidae yang anggotanya hanya elang tiram
  • Sagittariidae yang anggotanya adalah burung sekretaris (tidak ada di Indonesia)
Sumber: 
  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Elang
  2. https://id.wikipedia.org/wiki/Alap-alap
  3. https://www.edubio.info/2019/04/perbedaan-elang-dan-alap-alap.html

Posting Komentar untuk "Perbedaan Burung Elang dan Burung Alap-Alap"