Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Hewan Akuatik dan Contohnya

Hewan akuatik adalah kata lain dari hewan air artinya hewan akuatik merupakan segala jenis hewan dari vertebrata dan invertebrata yang hampir seluruh hidupnya berada di dalam air. Biasanya hewan akuatik memiliki insang untuk bernapas dalam air meskipun pada mamalia laut seperti paus dan lumba-lumba mereka bernafas menggunakan paru-paru namun mereka adalah hewan akuatik. 

Pengertian Hewan Akuatik dan Contohnya
 Konon kabarnya, berjuta-juta tahun yang lalu, hewan mamalia ini pernah memiliki tubuh seperti kebanyakan mamalia darat, yaitu berkaki dan berambut. Namun beberapa sebab mengharuskan mereka untuk mencari makan atau berlindung di dalam air. Contohnya paus. Makanan pokok paus adalah plankton yang berada di dalam laut. Untuk mendapatkan makanannya paus pun berpindah hidup ke laut, hingga lama kelamaan bentuk tubuhnya berubah menyerupai ikan.

Contoh hewan akuatik

1. Segala jenis ikan
segala jenis ikan tentunya adalah hewan akuatik karena ikan menggantungkan hidupnya di dalam air. Ikan tumbeh, encari makan, dan berkembang biak di air dan ikan tidak bisa hidup tanpa air jadi ikan jelas termasuk hewan akuatik.

2. Mamalia air
Banyak mamalia yang hidup di air terutama lautan yang walaupun menggunakan paru-paru untuk bernafas namaun sebagian besar hidup mereka dihabiskan di air jadinya mamalia termasuk hewan akuatik. Mamalia air atau mamalia laut yang bernafas udara seperti paus, lumba-lumba, dan dugong. Istilah "mamalia akuatik" juga diterapkan pada mamalia berkaki empat seperti berang-berang sungai ( Lontra canadensis ) dan berang-berang (keluarga Castoridae ), meskipun secara teknis bersifat amfibi atau semiotomatis .

Hewan akuatik (terutama hewan air tawar) sering menjadi perhatian khusus bagi para pelestari lingkungan karena kerapuhan lingkungan mereka. Hewan akuatik mendapat tekanan dari penangkapan ikan yang berlebihan , penangkapan ikan yang merusak , polusi laut , dan perubahan iklim .

Posting Komentar untuk "Pengertian Hewan Akuatik dan Contohnya"