Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan antara Ikan Sarden dan Ikan Makarel

Ikan kalengan termasuk salah satu makanan olahan favorit yang biasa dimasak sehari-hari. Ikan olahan dengan saus yang dikemas dalam kaleng ini bisa berisi ikan makarel atau ikan sarden. Namun kebanyakan orang menyebutnya sebagai ikan sarden. Padahal ikan sarden dan ikan makarel adalah dua jenis ikan yang berbeda.
Nutrisi dari kedua ikan ini juga tidak perlu diragukan lagi. Bahkan ikan sarden disebut baik untuk kesehatan jantung karena mengandung asam lemak omega-3.

Namun, banyak orang yang masih keliru menganggap ikan sarden dan makarel adalah jenis ikan yang sama. Padahal keduanya berbeda, lo. Berikut ini adalah beberapa perbedaan ikan sarden dan ikan makarel. 

Perbedaan antara Ikan Sarden dan Ikan Makarel


Keluarganya Berbeda

Ikan makarel masuk ke dalam keluarga Scombridae. Ikan sarden masuk ke dalam keluarga Clupeidae. Karena keluarganya berbeda, saudara dari ikan makarel dan ikan sarden pun berbeda. Ikan makarel bersaudara dengan ikan tuna, ikan kembung, dan ikan tenggiri. Kalau ikan sarden bersaudara dengan ikan haring.

Ukurannya Berbeda

Ikan makarel bisa tumbuh hingga 500 gram, dengan panjang antara 35 cm hingga 45 cm. Kalau ikan sarden tidak tumbuh sebesar itu. Ukuran ikan sarden lebih kecil dari ikan makarel. Karena ukurannya berbeda, ikan sarden kalengan biasanya utuh, hanya kepala dan ekornya yang tidak ada. Kalau ikan makarel biasanya dimasukkan ke dalam kaleng dalam bentuk potongan-potongan yang lebih kecil.

Warnanya Berbeda

Ikan makarel warnanya cenderung gelap, tubuhnya juga ditutupi sisik kecil yang hampir tak terlihat. Ikan sarden berwarna keperakan di bagian perutnya, sedangkan bagian punggungnya berwarna biru atau hijau. O iya, beberapa ikan sarden juga punya bintik hitam di punggungnya.

Harga Ikan Yang Di Jual

Harga ikan makarel umumnya lebih mahal karena cara menjaringnya pun lebih sulit. Karena ia biasa hidup di perairan dalam.

Sedangkan ikan sarden mudah ditangkap, karena hidup bergerombol, dan tidak di perairan dalam. Bahkan bisa ditangkap di perairan Indonesia.

Ikan sarden lebih aman dikonsumsi dibandingkan dengan makarel karena dari daftar temuan BPOM, rata-rata jenis yang bercacing parasit adalah ikan makarel impor, walau makanan kaleng lokal tapi dari jenis ikan makarel rentan juga terkena cacing.

Walau begitu ikan kalengan ini mempunyai nutrisi dan gizi yang berguna bagi tubuh manusia. Karena termasuk ikan laut ikan ini juga memiliki omega 3 yang tinggi, bahkan beberapa vitamin yang di perlukan untuk perkembangan tubuh dengan mengonsumsi ikan.

Memiliki Persamaan

Ikan makarel dan ikan sarden punya beberapa persamaan, lo, Teman-teman. Kedua ikan ini hidup di kedalaman 20 – 400 meter dan suka melakukan migrasi. Namun, jalur migrasi yang ditempuh kedua ikan ini berbeda.
 Satu lagi, kedua ikan ini sama-sama mengandung omega-3 yang baik untuk kesehatan otak dan tubuh kita.

Itulah perbedaan antara ikan makarel dan ikan sarden. Mulai sekarang jangan sampai keliru lagi, ya!

Sumber: 
1. https://bobo.grid.id/read/082071272/sering-dianggap-sama-ternyata-ikan-sarden-dan-makarel-berasal-dari-keluarga-yang-berbeda?page=all
2. http://m.liputan6.com/health/read/3414359/jangan-salah-ikan-sarden-dan-makarel-itu-beda
3.  https://food.detik.com/info-kuliner/d-3943265/heboh-ikan-makarel-bercacing-ini-bedanya-ikan-sarden-dan-ikan-makarel

Posting Komentar untuk "Perbedaan antara Ikan Sarden dan Ikan Makarel"