Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Alpha Male pada Hewan

Dalam mengamati sifat biologis dan sosiologis hewan, sering kali kita akan mengamati bahwa ada anggota kelompok yang dominan dan itu adalah jantan. Hewan ini sering kali menjadi yang terkuat dari kelompoknya dan dapat mendominasi jantan dan betina lain dalam kelompok tersebut. Ini disebut hewan alpha male atau pejantan alfa.
 
 Pengertian Alpha Male pada Hewan dan Manusia

Alpha male adalah jantan dominan dari spesies hewan tertentu. Ini berlaku untuk hampir semua mamalia, seperti singa, serigala, anjing, dan bahkan manusia. Alpha berarti satu atau pertama, jadi diterjemahkan menjadi pejantan nomor satu.

Dalam kerajaan hewan, alpha male ditentukan oleh struktur fisik hewan, serta keganasannya, terutama dalam pertarungan dengan hewan lain. Untuk singa, alpha male biasanya memiliki surai terbesar atau merupakan yang memiliki kerangka tubuh terbesar. Di alam bebas, alpha male merupakan hewan jantan yang dapat menyerang dan mempertahankan mangsanya dari hewan lainnya. Hewan lain dari spesies yang sama kemudian secara alami tertarik kepada alpha male untuk perlindungan. Pada hewan, alpha male dipilih oleh betina sebagai pasangan karena menjamin kelangsungan biologis spesies. Dengan memilih pejantan terkuat, betina berpikir bahwa keturunannya juga akan mendapatkan keuntungan terbaik di alam liar dan alpha male akan dapat melindungi dirinya dan keturunannya.

Pejantan lain mungkin kadang-kadang mencoba menguji keberanian alpha male untuk melihat apakah ia masih memiliki apa yang diperlukan untuk memimpin atau menjadi alfa. Hewan lain mungkin melibatkan jantan dalam perkelahian agresif. Pemenang akhirnya adalah alpha male.

Pada manusia, ada juga alpha male meskipun lebih halus penyebutannya daripada di hewan. Ada beberapa stereotip dengan gambar ini, seperti pria yang atletis, pemain, atau terikat otot. Dia biasanya pria yang kuat, menarik, karismatik dengan keterampilan kepemimpinan yang kuat. Pria dan wanita lain secara alami tertarik padanya. Dia biasanya kuat secara fisik dan tinggi serta memiliki penampilan yang berwibawa. Dia mungkin memiliki kepribadian yang agresif. Dalam masyarakat saat ini, alpha male juga orang yang punya uang.

Wanita tertarik pada pria alfa karena ia memancarkan potensi maskulin seperti itu. Naluri biologis evolusioner betina sedang bekerja saat dia tertarik pada alpha male. Naluri untuk menemukan pasangan terkuat untuk menghasilkan keturunan terkuat dan untuk memiliki pelindung dan penyedia terbaik tertanam pada wanita.

Namun, alpha male mungkin terlalu mendominasi kepribadian lain dan mungkin tidak selalu bekerja dengan baik dalam kelompok. Karena terbiasa menjadi pusat perhatian dan pemimpin, alpha male dewasa di tempat kerja mungkin kurang ajar atau tidak patuh. Dia mungkin tidak memiliki banyak teman pria karena pria lain mungkin terintimidasi.

Dalam kerajaan hewan atau pada manusia, alpha male memiliki atribut yang dapat membantu kelompok atau masyarakatnya. Namun, tindakan pencegahan tertentu harus selalu diingat saat berhadapan dengannya.

Sumber: https://www.howtodothings.com/hobbies/what-is-an-alpha-male

Posting Komentar untuk "Pengertian Alpha Male pada Hewan "