Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Axolotl, Si Salamander Meksiko yang Memiliki Regenerasi Super

Axolotl  atau salamander Meksiko adalah salamander neotenik yang berhubungan dekat dengan salamander harimau. Larva spesies ini tidak mengalami metamorfosis, sehingga axolotl dewasa tetap bersifat akuatik dan memiliki insang.

 Mengenal Axolotl, Si Salamander Meksiko yang Memiliki Regenerasi Super

 Axolotl hidup di Danau Xochimilco. Hewan ini sering digunakan dalam penelitian ilmiah karena mereka mampu meregenerasi hampir seluruh anggota tubuh. Kemampuan ini membuat sebagian orang menganggap axolotl sebagai hewan yang luar biasa. Jika kaki axilotol terpotong misalnya, maka dalam beberapa hari kakinya akan tumbuh lagi menjadi seperti semula.

Axolotl adalah hewan dengan ekor berlendir, insang seperti bulu dan mulut melengkung seolah tersenyum aneh. Hewan air yang dapat tumbuh hingga sepanjang 30 sentimeter itu terdaftar ‘terancam punah’ oleh International Union for Conservation of Nature (IUCN).

Seolah belum memutuskan apakah akan hidup di laut atau di darat, axolotl juga memiliki sepasang paru-paru, berjaga-jaga. Meskipun mereka biasanya tetap belum berkembang, paru-paru ini tumbuh jika axolotl ditempatkan di air dangkal. Dalam kasus yang sangat langka, seperti ketika habitat mereka mengering, axolotl akan muncul dari air untuk menjadi salamander Meksiko dewasa penuh.

Pada tahun 2010, axolotl air hampir punah akibat urbanisasi di Ciudad de Mexico dan polusi air. Ikan dari luar Meksiko, seperti tilapia Afrika dan karper Asia, juga memakan axolotl muda dan sumber makanan utamanya. Akibatnya, axolotl saat ini termasuk ke dalam daftar merah spesies yang terancam.


Axolotl telah menjadi hewan peliharaan eksotis yang populer, tetapi yang liar hanya ditemukan di kompleks danau Xochimilco, jaringan sungai dan danau kecil yang telah menjadi salah satu tujuan paling populer di Mexico City. 

Sumber:
wikipedia
voaindonesia
yourtripagent

Posting Komentar untuk "Mengenal Axolotl, Si Salamander Meksiko yang Memiliki Regenerasi Super"