Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Musang Madu, Hewan yang Tidak Takut Apapun

Di alam liar, musang madu tinggal di Afrika, India, dan Asia Barat Daya. Hewan ini bisa tinggal di tempat dengan kondisi yang keras, misalnya bersuhu panas atau kering.



Mengenal Musang Madu, Hewan yang Tidak Takut Apapun
Di Afrika, musang madu dipanggil ratel. Nama ilmiah musang madu adalah Mellivora capensis. Sekilas, musang madu tampak mirip dengan sigung, Ia memang bersaudara dengan sigung, berang-berang, dan musang lainnya.

Walaupun tubuhnya tidak berukuran besar, musang madu memiliki keberanian yang luar biasa, lo. Bahkan mendapat predikat sebagai hewan paling pemberani di muka Bumi,

Musang adalah mamalia dan merupakan pemangsa. Dari sekian banyak musang, yang paling terkenal adalah musang madu.  Dikenal juga dengan nama honey badger dan Ratel, musang madu lebih suka hidup secara soliter atau sendiri. Walaupun tanah di sekitarnya cukup keras, musang madu hanya butuh sekitar 10 menit untuk menggali lubang yang dalam.

Julukan musang madu diberikan kepada hewan ini karena ia suka madu. Dengan lincahnya, musang ini akan berburu madu kegemarannya. Dengan penciuman dan penglihatannya yang tajam, musang madu akan menemukan madu di manapun madu berada. Demi madu, ia bahkan sampai menerobos sekawanan lebah.

Walau tubuhnya kecil, musang madu dianggap sebagai hewan paling pemberani di dunia, teman-teman. Hewan ini sama sekali tidak pernah mengenal rasa takut. Mulai dari sengatan lebah, duri kulit landak yang tajam, sampai gigitan hewan buas yang berbahaya sekalipun, tidak membuatnya takut. Bahkan, singa dan ular cobra pun dapat ia kalahkan di alam bebas.

Musang madu memiliki bagian kulit yang tebal dan kendur. Ini membuatnya sangat lentur hingga bisa memasukkan kepalanya ke sarang lebah dan bisa melawan pemangsa. Jika pemangsa musang madu menggigit lehernya, ia bisa langsung berputar dan balik menggigit lawannya.

Ditambah lagi, musang madu punya cakar dan gigi yang tajam, serta bisa mengeluarkan zat beraroma tidak sedap seperti sigung.. Dengan begitu, ia akan mudah untuk bertahan hidup. O iya, karena keberaniannya, musang madu pun tercatat dalam Guinness Book of Record sebagai “The Most Fearless Animal in The World”.


Sumber: Bobo grid

Posting Komentar untuk "Mengenal Musang Madu, Hewan yang Tidak Takut Apapun"