Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Platipus, Hewan Aneh yang Membingungkan

Platipus adalah hewan semi-akuatik yang banyak ditemui di bagian timur benua Australia. Walaupun Platipus bertelur tetapi ia tergolong ke dalam kelas Mammalia karena ia menyusui anaknya. Platipus juga sering dikenal dengan nama duck-billed Platipus atau Platipus berparuh bebek disebabkan bentuk paruhnya yang menyerupai bebek.

Mengenal Platipus, Hewan Aneh yang Membingungkan

Platipus termasuk binatang yang aneh dari kerajaan Animalia. Binatang ini Mammalia tetapi bertelur (mayoritas Mammalia beranak seperti anjing, kucing, beruang, dan sebagainya). Platipus memiliki paruh yang seperti bebek dan kaki berselaput. Seperti halnya kangguru dan koala, platipus menjadi simbol fauna Australia dan dapat ditemui di koin 20 sen Australia.

Pernah mendengar hewan yang berkembang biak dengan ovovivipar? Ovovivipar adalah salah satu cara perkembangbiakan dimana seekor hewan menampilkan ciri-ciri hewan bertelur sekaligus beranak, seperti menyusui. Salah satu contoh hewan ovovivipar yang akan kita kenal adalah platipus.

Hewan yang Membingungkan

Platipus (Ornithorhynchus anatinus) adalah spesies hewan yang  unik dari Australia. Platipus dikelompokkan ke dalam mamalia monotremata. Kelompok ini dibedakan dari semua mamalia (hewan yang memiliki kelenjar susu) lain karena mereka bertelur.

Ketika pertama kali ditemukan, tampilan yang tidak biasa dari platipus menyebabkan kebingungan dan keraguan di antara para ilmuwan Eropa. Bahkan banyak dari mereka percaya bahwa binatang itu palsu.

Platipus Pandai Berenang

Platipus bisa berenang dengan kecepatan sekitar 1 meter per detik, tetapi ketika mencari makan kecepatan bisa mencapai 4 meter per detik. Wah, cepat sekali ya!

Namun, platipus sulit berjalan di darat karena tungkainya pendek. Platipus bahkan menggunakan hampir 30% lebih banyak energi ketika bergerak di darat, dibandingkan dengan mamalia darat dengan ukuran yang sama.

Mirip Bebek

Bentuk fisik platipus mirip dengan bebek, sehingga sering juga disebut Duck-billed Platipus atau Bebek Platipus. Namun, ia memiliki keunikan sendiri karena memiliki bentuk badan ramping (streamlined) dan pendek dengan paruh lebar pipih  (bill) di bagian depan. Platipus juga memiliki ekor yang ditutupi dengan bulu-bulu kedap air untuk menjaga suhu tubuhnya, kaki berselaput, berwarna coklat gelap hingga coklat kemerahan.

Berumur Panjang

Platipus adalah binatang berumur panjang. Mereka dapat hidup sampai sekitar 20 tahun. Platipus muda  memulai bereproduksi pada tahun kedua. Setelah kawin, platipus betina akan memasuki masa kehamilan selama 21 hari, kemudian ia akan meletakkan 1-3 telur. Platipus betina kemudian mengerami telur sekitar 10 hari, lalu periode menyusui berlangsung selama 3-4 bulan sebelum platipus muda muncul dari liang.

Hewan Nokturnal

Platipus biasanya makan pada malam hari. Makanan kesukaan platipus adalah udang, kumbang renang, dan berudu, kadang-kadang cacing, kerang, serta siput.

Platipus akan melacak keberadaan calon makanan dengan paruhnya yang dikenal dengan bill. Sampai saat ini proses platipus mendekteksi mangsa dengan bill tersebut masih menjadi teka-teki.

Setelah melacak, platipus akan berada di bawah air selama antara 30-140 detik, mengumpulkan hewan-hewan kecil dari dasar sungai dan menyimpannya di kantong yang berada di pipinya sebelum dikunyah.

Hewan yang Dilindungi

Saat ini, platipus dilindungi oleh undang-undang di semua negara yang menjadi habitatnya. Hewan ini tidak boleh ditangkap atau dibunuh, kecuali untuk penelitian ilmiah. Platipus adalah spesies yang persebarannya sangat sedikit, sehingga masih perlu banyak penelitian untuk mengenali hewan ini. Namun, ketergantungan platipus pada sistem air tawar dapat menyebabkan penurunan jumlah mereka di masa depan apabila tidak kita jaga.

Hewan yang memiliki racun

Tahukah anda bahwa platipus memiliki jarum beracun dibawah kakinya?

Racun ini biasanya ditemukan di platipus jantan, dan jika anda tersengat racunnya. Racun tersebut bisa membuat anda sangat kesakitan dalam waktu yang lama meskipun anda meminum obat penangkal sakit bahkan morfin sekalipun. Meskipun begitu racun platipus tidaklah mematikan, jadi hanya menyakitkan.


Meskipun Platipus betina cenderung tidak memiliki racun ini, tetap saja mungkin anda perlu merenungkan lagi untuk memelihara satu, karena hewan lucu yang satu ini jumlahnya terus menurun menurut beberapa peniliti.

Sumber:
Wikipedia
Quora
Bobo

Posting Komentar untuk "Mengenal Platipus, Hewan Aneh yang Membingungkan "