Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Kamuflase pada Hewan dan Contohnya

Kamuflase merupakan suatu metode yang memungkinkan sebuah organisme atau benda yang biasanya mudah terlihat menjadi tersamar atau sulit dibedakan dari lingkungan sekitarnya. Contoh-contohnya adalah belang pada harimau, zebra, belalang, dan seragam tempur motif loreng pada tentara modern. Kamuflase memang suatu bentuk tipuan dan penyamaran.

Kata kamuflase dalam bahasa Indonesia dipinjam dari bahasa Belanda, yang pada gilirannya meminjam dari bahasa Prancis, 'camoufler' yang berarti 'menyamarkan'.

Contoh kamuflase pada hewan

Macan Tutul (Leopard) 
Pengertian Kamuflase pada Hewan dan Contohnya

Hewan ini dikenal juga dengan sebutan harimau dahan karena kemampuannya memanjat. Macan tutul berukuran besar, dengan panjang tubuh antara satu sampai dua meter.

Ikan Daun
Pengertian Kamuflase pada Hewan dan Contohnya

Berasal dari amazon ini melakukan kamuflase seperti daun yang mati, mulai dari bentuk tubuhnya hingga gerakannya yang perlahan terombang-ambing mengikuti arus di permukaan sungai

Belalang Sembah
Pengertian Kamuflase pada Hewan dan Contohnya


Belalang sembah mempunyai kamuflase yang sangat unik. Bukan hanya untuk mengecoh pemangsanya, tetapi hewan ini juga sangat cerdik menipu calon mangsanya. Selain bentuk tubuhnya yang bisa menyerupai daun atau ranting, gerakan tubuhnya pun mengikuti gerakan ranting atau daun yang tertiup angin.

Tokek Ekor Daun
Pengertian Kamuflase pada Hewan dan Contohnya

Tokek Ekor Daun sering juga disebut tokek ekor setan. Tokek Ekor Daun ini berasal dari Madagaskar. Tokek ini kamuflase dengan menggunakan ekornya untuk meniru daun atau kamuflase sebagai bentuk pertahanan diri dari pemangsa dan mempermudahnya mencari mangsa.

Sumber:
Wikipedia
Fimela

Posting Komentar untuk "Pengertian Kamuflase pada Hewan dan Contohnya"