Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Hewan Peliharaan, Contoh, Cara Merawat, serta Manfaatnya

Hewan peliharaan atau hewan timangan adalah hewan yang dipelihara sebagai teman dalam kegiatan sehari-hari manusia. Hewan peliharaan berbeda dari hewan ternak, hewan percobaan, hewan pekerja, atau hewan tunggangan yang dipelihara untuk kepentingan ekonomi atau untuk melakukan tugas tertentu.


Pengertian Hewan Peliharaan, Contoh, Cara Merawat, serta Manfaatnya

Hewan peliharaan yang populer biasanya adalah hewan yang memiliki karakter setia pada majikannya atau memiliki penampilan yang menarik, atau kemampuan menarik tertentu seperti mengeluarkan suara yang indah.  Walaupun secara teori seseorang dapat memelihara hewan apa pun sebagai hewan peliharaan, dalam praktiknya hanya spesies-spesies tertentu saja yang sering dijumpai, terutama hewan kecil seperti anjing, kucing, dan kelinci , serta burung, dan ikan.

Contoh Hewan Peliharaan
  • Kucing
  • Anjing
  • Kuda balap
  • Ayam hias
  • Burung
  • Kelinci
  • Ikan hias
  • Jangkrik
  • Aneka hewan reptil
Cara merawat

Jika memiliki hewan peliharaan ada hal-hal yang secara khusus harus diperhatikan. Karena hewan yang peliharaan juga memerlukan perawatan yang baik agar bisa tumbuh, sehat dan tidak terjangkit penyakit.

1. Buatkan kandang
Idealnya kandang yang baik untuk hewan peliharaan adalah yang jauh dari keramaian. Permudah hewan untuk membuang kotoran, kandang bisa diberi lubang atau tempat khusus membuang kotoran.

2. Kondisi
Pastikan kondisi hewan selalu dalam keadaan sehat dan tidak terlihat janggal. Bawa ke dokter 3 bulan sekali untuk mengecek kesehatannya. Berikan vaksinasi untuk hewan yang kamu pelihara, untuk mencegah penyakit.

3. Kebersihan
Luangkan waktu untuk membersihkan kandang hewan secara berkala. Membersihkan kandang tergantung dengan hewan yang dipelihara. Sesuaikan dan pastikan setiap hari untuk mengecek keadaan kandang. Jika kotor dan bau segera bersihkan saat itu juga.

4. Makan dan minum
Pemberian makan tidak perlu berlebih, secukupnya saja. Pemberian makan haruslah teratur jangan terlalu sering dan pula sebaliknya, perhatikan kandungan gizi dari makanan yang diberikan, layaknya manusia mereka juga membutuhkan makanan sehat.

5. Perawatan
Perawatan pada hewan peliharaan juga perlu dilakukan terutama bagian bulu dan kuku.Periksalah anggota tubuh binatang peliharaan, mata, telinga, mulut, hidung dan juga lubang pembuangan. Pastikan selalu dalam kondisi bersih dan tidak terlihat kusam. Sesekali mandikan hewan peliharaan, agar binatang peliharaan selalu terjaga kebersihannya. Gunakan sabun mandi khusus untuk hewan demi menjaga keindahan bulunya. Berikan multivitamin khusus pada hewan tertentu dengan teratur agar tidak mudah jatuh sakit.

Manfaat Menakjubkan Punya Hewan Peliharaan
  1. Mengusir stres. Entah itu karena masalah di rumah atau di kantor, stres membuat tubuh memproduksi hormon kortisol berlebihan.
  2. Menyehatkan jantung. 
  3. Mencegah alergi. 
  4. Mengurangi rasa sakit. 
  5. Membantu mengobati kanker.
  6. Mengusir sepi. ...
  7. Mengoptimalkan kerja otak.
Sumber:
Wikipedia Hewan Timangan
Kompas

Posting Komentar untuk "Pengertian Hewan Peliharaan, Contoh, Cara Merawat, serta Manfaatnya"