Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perjalanan Migrasi Ikan Salmon yang Luar Biasa

Salmon atau salem adalah jenis ikan dari famili Salmonidae. Ikan lain yang berada dalam satu famili dengan salmon adalah Trout. Perbedaan kedua jenis ikan tersebut antara lain: salmon bermigrasi, sedangkan trout hidup menetap. Salmon hidup di Samudra Atlantik dan Samudra Pasifik.

Perjalanan Migrasi Ikan Salmon yang Luar Biasa
sumber: pixabay
Secara umum, salmon adalah spesies anadromous, yaitu spesies yang bermigrasi untuk berkembang biak. Salmon lahir di perairan air tawar, bermigrasi ke laut, lalu kembali ke air tawar untuk bereproduksi. Ada kepercayaan bahwa salmon selalu kembali ke tempat ia dilahirkan untuk berkembang biak. Penelitian menunjukkan demikian, tetapi mengapa hal itu terjadi dan bagaimana salmon dapat menyimpan memori tersebut masih merupakan misteri.

Perjalanan Migrasi ikan salmon yang luar biasa

Setiap tahun ikan salmon akan bermigrasi dari Samudera Pasifik atau Samudera Atlantik ke sungai-sungai tempat mereka dilahirkan. Jika dihitung, perjalanan yang dilakukan oleh ikan salmon bisa mencapai 1.000 kilometer lebih. Saking jauhnya, banyak ilmuwan yang mengatakan, bahwa migrasi yang dilakukan oleh ikan salmon adalah migrasi terberat di dunia satwa.

Tidak mudah bagi ikan salmon untuk melakukan migrasi. Ada banyak rintangan yang dihadapi selama perjalanannya. Berbagai macam predator seperti beruang dan burung pemakan ikan serta arus air yang deras, merupakan beberapa kendala di antaranya. Untuk bertahan hidup selama migrasi, salmon berenang dengan kecepatan sekitar 30 km/jam sehingga mempunyai daya lompat setinggi 3-3,5 m.

Selama perjalanan ke perairan sungai, salmon akan berpuasa dan tidak mengonsumsi makanan apapun. Salmon mengandalkan cadangan lemak yang ada di dalam tubuhnya, oleh karena itu sebagian besar salmon yang telah sampai sungai dan menetaskan telur-telurnya akan mati karena kelelahan.

Ikan salmon akan menentukan tepat terbaik untuk menetaskan telur-telurnya. Tidak hanya sekali, ikan salmon betina akan bertelur berkali-kali sampai telur dalam ovariumnya habis selanjutnya salmon jantan akan membuahi telur tersebut. Tidak lama setelah bertelur, sebagian besar ikan salmon akan mati.

Setelah telur-telur menetas, anak ikan akan hidup di sungai selama enam bulan sampai tiga tahun, setelah itu mereka akan berenang ke lautan. Setelah hidup di lautan selama satu sampai lima tahun, ikan salmon yang sudah cukup dewasa dan siap bertelur akan kembali ke perairan sungai. Menempuh perjalanan yang jauh, migrasi ikan salmon merupakan migrasi terberat di dunia hewan.

Bagaimana cara ikan salmon kembali ke tempat kelahirannya? Sampai saat ini, para ilmuwan masih melakukan penelitian tentang hal itu. Namun, menurut beberapa ilmuwan, ikan salmon melakukan perjalanan jauhnya dengan bantuan medan magnet bumi.

Salmon mengenal bau air sungai tempat mereka dilahirkan dan mempunyai ingatan dari medan magnet saat memasuki perairan laut, salmon mampu ke air sungai karena mengikuti ikan salmon yang lebih tua dan menggunakan tanda-tanda alam seperti arah angin dan arus laut.

Begitulah kisah perjalanan migrasi ikan salmon yang luar biasa.

Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Salmon
https://www.idntimes.com/science/discovery/crhisterra/migrasi-salmon-exp-c1c2/5
https://bobo.grid.id/read/08677869/migrasi-salmon-perjalanan-yang-sangat-jauh

Posting Komentar untuk "Perjalanan Migrasi Ikan Salmon yang Luar Biasa"