Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Hewan Krepuskular dan Contohnya

Hewan memilik ritme biologis atau jam biologis. Ritme ini diatur oleh otak, tentu saja, berdasarkan rangsangan yang masuk ke tubuh.

Pengertian Hewan Krepuskular dan Contohnya

Setiap hewan memiliki waktu aktif dan waktu istirahatnya salah satunya adalah hewan krepuskular. Apa itu hewan prepuskular? dan apa saja contoh dari hewan prepuskular?


Krepuskular adalah suatu istilah yang digunakan untuk menyebut sifat hewan yang terutama aktif selama saat remang-remang di peralihan hari, yakni pada waktu senja dan fajar. Istilah tersebut berasal dari perkataan Latin crepusculum, yang berarti "remang-remang". 

Krepuskular dengan demikian berbeda dari diurnal dan nokturnal. Hewan krepuskular juga aktif pada malam terang bulan. Banyak hewan yang biasanya dideskripsikan sebagai nokturnal faktanya adalah krepuskular. Termasuk ke dalam krepuskular adalah apa yang disebut matutinal (atau "matinal") dan vespertine, yakni spesies-spesies yang aktif di dini hari atau di senja hari saja. 

Jadi Hewan Krepuskular adalah hewan yang aktif saat temaram, atau ketika fajar dan senja. Keluarga kucing besar biasanya berburu di saat-saat ini, mengandalkan pengelihatan mereka yang bagus.

Perilaku Krepuskular diduga merupakan respon terhadap seleksi dari pemangsa. Banyak predator yang mencari mangsanya pada malam hari, sementara yang lainnya aktif pada siang hari dan paling baik melihat buruannya saat matahari penuh. Dengan begitu, bagi hewan mangsa (prey), kebiasaan krepuskular ini dapat mengurangi tekanan pemangsaan. Keuntungan lainnya, di wilayah-wilayah yang beriklim panas seperti di gurun, perilaku krepuskular menghindarkan hewan dari sengatan panas matahari, sementara ia masih bisa memanfaatkan terang (cahaya) yang tersedia untuk beraktivitas. 

Perilaku krepuskular tak hanya ada pada hewan, tetapi tampak pula di tanaman! Contoh tanaman dengan sifat krepuskular adalah morning glory, tanaman berbunga dari keluarga Convolvulaceae dan primrose, tanaman berbunga dari keluarga Primulaceae. Penyerbukan pada tanaman tersebut lebih optimal pada fajar dan senja, terang laman Inspiring Science.

Contoh Hewan Krepuskular
Contoh-contoh dari hewan prepuskular adalah sebagai berikut;
  1. Panda merah
  2. Aneka spesies kucing liar
  3. Tikus dan mencit
  4. Tikus belanda
  5.  Hamster
  6. Kelinci
  7. Sigung
  8. Harimau Tasmania yang telah punah. 
  9. Burung-hantu telinga-pendek
Demikian artikel Pengertian Hewan Krepuskular dan Contohnya  semoga bisa bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Pengertian Hewan Krepuskular dan Contohnya "