Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ikan King Kobia Komoditas Unggulan Baru ikan Budidaya

Indonesia bukan hanya elok akan keindahan alam bawah lautnya, tapi juga menyimpan harta terpemdam, king kobia  atau black king fish komoditas laut yang yang sangat potensial untuk perikanan budidaya. King kobia mampu hidup  hidup di perairan tropis dan subtropis dengan pertumbuhan yang cepat dan juga adaptif yang tersebar hampir di seluruh perairan laut di dunia. sebagi komoditas ekonomis, king kobia memiliki keunggulan yakni mengandung dha dan asam lemak omega 3 yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan dan kecerdasan. 

sumber: kkp RI twitter
Ditjen perikanan budidaya melalui Balai Besar perikanan budidaya laut Lampung telah berhasil melakukan perbenihan massal king kobia. Saat ini king kobia telah mampu dikembangkan di masyarakat dan siap menjadi alternatif usaha yang menjanjikan. pertumbuhan yang relatif cepat mencapai 4 sampai 6 kg dalam 9 bulan pemeliharaan di kja adaptif dengan survival rate yang tinggi mencapai 80 hingga 90%.

King kobia juga mempunyai pasar pangsa yang luas Baik domestik maupun ekspor diantaranya ke jepang, Taiwan, Uni Eropa, dan Amerika. king kobia hasil budidaya yang lebih ensk rasanya karena penanganan pemanenan melalui bleeding sistem.

bukan hanya itu, daging king kobia dapat dijadikan produk olahan kelas premium seperti susi sashime dan fillet. 

Ikan king kobia secara umum pemeliharaannya lebih mudah dan gampang tidak sesulit ikan lain, pemberian pakan kuga lebih midah, jika ada ikan yang sakit perawatannya lebih mudah karena cukup ambil yang sakit dan obati lalu kembalikan dalam tempo seminggu sudah pulih kembali.  Keberhasilan budidaya king kobia ini sudah bisa dibuktikan dari mulai reproduksinya, pemeliharaan larvanya serta benih dan sistem budidaya begitu juga dengan marketnya. melihat keunggulan budidaya pemeliharaan dan pangsa pasar maka king kobia adalah komoditas unggulan baru pemeliharaan budidaya.  


Untuk penjelasan lebih lengkap tentang ikan king kobia bisa dilihat di video di bawah ini.

Demikian artikel Ikan King Kobia Komoditas Unggulan Baru ikan Budidaya semoga bisa bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Ikan King Kobia Komoditas Unggulan Baru ikan Budidaya"