Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Budidaya Cacing Sutra dengan Sistem Apartemen dan Keunggulanya

Cacing sutra atau tubifex sering kita temukan secara alami di saluran air atu sungai. Pada postingan edisi kali akan kita akan mencoba inovasi budidaya cacing sutra dengan sistem apartemen.

Apa itu budidaya cacing sutra dengan sistem apartemen?

Budidaya Cacing Sutra dengan Sistem Apartemen dan Keunggulanya

Cacing sutra  merupakan hewan hermaprodit termasuk dalam kelas oligochaeta dan masuk kelas tubifex memiliki warna merah dan hidup bergerombol. Hidup di daerah yang kaya akan bahan organik di aliran air bersih yang mengalir. mempunyai keunggulan untuk pakan ikan di mana cacing sutra gampang dicerna oleh Larva ikan yang memiliki struktur pencernaan yang masih sederhana karena teksturnya yang masih lembut dan halus sehingga memudahkan Larva tersebut untuk mencerna. Disamping itu juga, karena cacing sutra memiliki protein yang tinggi karena protein yang terkandung di dalam cacing sutra adalah diatas 50%. Sehingga larva ikan-ikanan seperti Larva ikan sidat, lele gurame, dan lain-lain itu sangat cococ di fase awal memanfaatkan cacing sutra sebagai pakan alami. 

Keunggulan budidaya cacing sutra sistem Apartemen

Sistem apartemen lebih unggul daripada sistem horizontal  karena  tidak terlalu membutuhkan tempat yang banyak. Dengan sistem Apartemen, untuk satu unit kita hanya butuh 16 Meter persegi sedangkan sistem horizontal butuh 46 meter persegi jadi bisa hemat lahan hingga 3 kali lipat. 

yang kedua dengan apartemen budidaya lebih terkontrol. Biasanya pada sistem horizontal akan banyak lhewan liar yang masuk seperti keong mas, lkemudian juga larva ikan yang ada ikan mujair dan nila yang masuk ke dalam sistem pemeliharaan cacing juga banyak ikan tubifex yang hidup di saluran-saluran air yang intinya akan mengganggu pemeliharaan cacing sutra karena memakannya dan termasuk hama pada sistem horizontal. Kalau kita menggunakan sistem apartemen ini karena menggunakan sistem resirkulasi tidak memungkinkan ikan-ikan tersebut masuk dan menjadi hama jadi memang lebih banyak kelebihan dan keunggulan nya untuk sistem Apartemen ini 

Ada satu lagi keunggulannya yaitu penetrasi cahaya matahari menjadi lebih terkontrol juga kalau begitu kalau pada sistem horizontal di Matahari akan sangat banyak sekali masuk sehingga lumut tetapi dengan yang horizontal dengan vertikal ini karena hanya bagian atas yang terkena sinar matahari maka yang dibawanya dari terlindungi dan lebih bersih dari lumut. 

Apakah sudah paham dan mulai tertarik dengan budidaya cacing sutra ini? untuk info lebih lanjut bisa dilihat di video di bawah ini!
Demikian artikel Budidaya Cacing Sutra dengan Sistem Apartemen dan Keunggulanya semoga bisa bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Budidaya Cacing Sutra dengan Sistem Apartemen dan Keunggulanya"