Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Hak Asasi Hewan dan 5 Asasnya

Mungkin kita sudah sering mendengar soal Hak Asasi Manusia, kan? Nah, kalau Hak Asasi Hewan? Yap, selain manusia, ternyata hewan juga memiliki hak asasi, lo. Bahkan Hari Hak Asasi Hewan selalu diperingati setiap tanggal 15 Oktober. Peringatan ini dinyatakan oleh Organisasi Kesehatan Hewan Dunia (OIE).

Pengertian Hak Asasi Hewan dan 5 Asasnya

Hak asasi hewan, juga dikenal sebagai kebebasan hewan, adalah ide bahwa hak-hak dasar hewan non-manusia harus dianggap sederajat sebagaimana hak-hak dasar manusia. Para pendukung mendekati masalah ini dari posisi filosofis yang berbeda, mulai dari gerakan proteksionis yang dicetuskan filsuf Peter Singer dengan fokus utilitarian terhadap penderitaan dan konsekuensi, daripada konsep hak itu sendiri sampai gerakan abolisionis yang dicetuskan profesor hukum Gary Francione, yang menyatakan bahwa hewan hanya butuh satu hak, yaitu hak untuk tidak dijadikan benda atau properti. Meski ada berbagai macam pendekatan, mereka semua setuju bahwa hewan harus dipandang sebagai orang non-manusia dan anggota komunitas moral, serta tidak digunakan sebagai makanan, pakaian, subjek penelitian, atau hiburan.

Semua aturan-aturan seputar Hak Asasi Hewan di Indonesia ternyata ada undang-undangnya juga, lo. Yaitu terdapat pada KUHP pasa 302 dan juga UU No.16 Tahun 2009. Karena diakui negara, setiap orang harus mengikuti aturan tersebut.

Ada 5 kebebasan dalam Hak Asasi Hewan, yaitu:

1. Bebas rasa haus dan lapar

2. Bebas dari rasa tidak nyaman

3. Bebas untuk berekspresi sesuai tingkah laku alami mereka

4. Bebas dari rasa takut dan tertekan

5. Bebas dari sakit atau dilukai

Memperlakukan Hewan Peliharaan

Nah, oleh sebab itu, jika kita mempunyai hewan peliharaan di rumah, kita wajib memperlakukan mereka dengan baik. Misalnya seperti memberi mereka makan, tempat tinggal yang nyaman dan layak, serta merawat mereka dengan penuh kasih sayang. Jika suatu saat hewan peliharaan kita mati, kuburlah dengan baik. Jangan dibuang sembarangan ke tempat sampah, ya!

Memperlakukan Hewan di Kebun Binatang

Kalau teman-teman pergi ke kebun binatang, sebaiknya jangan sembarangan memberi mereka makan, ya. Seperti memberi mereka jajanan yang kita bawa dari rumah. Karena makanan itu belum tentu baik buat kesehatan mereka.

Memperlakukan Binatang Liar

Jika hewan yang berada di alam bebas, kita tidak boleh merusak tempat tinggal tinggal mereka. Kita juga tidak boleh memburu binatang liar yang ada.

Demikian artikel Pengertian Hak Asasi Hewan dan 5 Asasnya semoga bisa bermanfaat.

Sumber:
Wikipedia
Bobo

Posting Komentar untuk "Pengertian Hak Asasi Hewan dan 5 Asasnya"