Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Nyamuk bagi Kehidupan Manusia

Nyamuk adalah hewan yang termasuk dalam kelas serangga tergolong dalam order Diptera; genera termasuk Anopheles, Culex, Psorophora, Ochlerotatus, Aedes, Sabethes, Wyeomyia, Culiseta, dan Haemagoggus untuk jumlah keseluruhan sekitar 35 genera yang merangkum 2700 spesies. 


Manfaat Nyamuk bagi Kehidupan Manusia

Nyamuk mempunyai dua sayap bersisik, tubuh yang langsing, dan enam kaki panjang; antarspesies berbeda-beda tetapi jarang sekali melebihi 15 mm.Dalam bahasa Inggris, nyamuk dikenal sebagai "Mosquito", berasal dari sebuah kata dalam bahasa Spanyol atau bahasa Portugis yang berarti lalat kecil. Penggunaan kata Mosquito bermula sejak tahun 1583. Di Britania Raya nyamuk dikenal sebagai gnats.'

Nyamuk, mungkin yang ada di benak kita adalah obat nyamuk, gatal, menyebalkan, mengganggu, pembawa penyakit, dan sebagainya. Segudang pandangan negatif yang jelas telah melekat pada nyamuk. Terlebih nyamuk telah sejak lama nyamuk menyandang predikat sebagai pembawa penyakit dan menjadi biang keladi penyebab wabah.

Lebih jauh lagi, ketika musim hujan tiba maka seketika itu pula peringatan yang tak henti-hentinya masyarakat dihimbau untuk melakukan pembasmian massal atas populasi nyamuk. Pasalnya pada musim penghujan nyamuk yang disebut Aedes aegypti ditengarai sebagai tersangka utama tersebarnya wabah Demam Berdarah Dengue. Jenis lain seperti Culex tidak memiliki nasib yang agak jauh berbeda dengan rekannya spesies Aedes aegypti.

Sampai saat ini nyamuk dianggap sebagai binatang pemakan darah. Keberadaannya pun telah dianggap merisaukan, misalnya terkait jentik nyamuk. Dikarenakan hal ini, maka tak ayal kita tak akan menemui manfaat sedikitpun pada nyamuk, selain dianggap vampire yang menakutkan.

Manfaat nyamuk agi kehidupan manusia

1. Dari hasil penelitian dari studi entimologi University Of Florida di Amerika, menyatakan bahwa nyamuk akan memilah dan memilih darah yang akan disedotnya, darah yang biasa disantap oleh nyamuk adalah yang berbau asam, seperti asam laktat, asam urat dan juga darah yang berbau kolesterol, dengan demikian sinyamuk ini ikut berperan untuk mengurangi kadar asam laktat, asam urat dan kadar kolesterol.

2. Larva nyamuk yang hidup didalam air kotor ternyata mampu mengurangi mikro organisme dan bakteri parasit, dengan cara membuat pusaran kecil didalam air menggunakan 2 anggota badan berbulu, pusaran air ini akan menarik bakteri yang kemudia akan dimakan oleh larva tersebut.

3. Dari sisi ekonomi nyamuk juga berperan menjadi sumber rejeki, dengan berdiriya pabrik - pabrik ata produsen obat nyamuk, maka akan menciptakan sebuah lapangan kerja.

4. Larva nyamuk menghasilkan zat - zat nitrogen yang bermanfaat bagi tanaman.

5. Membantu proses penyerbukan tanaman coklat, hilangnya populasi nyamuk akan berdampak juga pada musnahnya tanaman coklat.

6. Dapat menusuk ujung - ujung syaraf, yang berfungsi untuk pemicu kesehatan tubuh.

7. Memotivasi umat manusia agar hidup bersih, semisal menjaga keberssihan got dan pembuangan - pembuangan yang lain.

Sumber:
Wikipedia
Quora
Kompasiana

Posting Komentar untuk "Manfaat Nyamuk bagi Kehidupan Manusia"