Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Burung Kolibri, Burung dengan Kepakan Sayap Tercepat di Dunia

Kolibri adalah burung kecil dengan panjang 6,4 cm dan berwarna cerah yang sebagian besar hidup di Amerika Utara dan Amerika Selatan. Seekor kolibri mempunyai sekitar seribu bulu yang bergemerlapan sehingga dapat memantulkan dan memencarkan sinar warna-warni yang dapat berubah ketika burung bergerak seperti minyak pada air.

Burung Kolibri, Burung dengan Kepakan Sayap Tercepat di Dunia

Ada lebih dari 300 spesies burung kolibri hidup di dalam wilayah hutan Amazon, Amerika Selatan. Sedangkan kolibri jenis Sword Billed, ensifera ensifera hidup di bagian barat hutan pegunungan Andes.

Kolibri adalah burung terkecil di dunia. Beratnya 6 gram dan panjangnya 6,35 cm.

Ukuran terkecil bukan satu-satunya rekor dunia yang dimiliki oleh kolibri. Mereka juga tercatat sebagai burung dengan kepakan sayap tercepat di dunia. Seberapa cepat? Saat musim kawin, kolibri berleher rubi (Archilochus colubris) bisa mengepakkan sayapnya dengan kecepatan 200 kepakan per detik!

Bahkan dalam kondisi normal pun, kepakan sayap kolibri sudah sangat luar biasa, yaitu 90 kepakan per detik. Itulah kenapa dalam bahasa inggris mereka disebut hummingbird, karena kepakan sayap mereka yang super cepat membuatnya mengeluarkan suara "hummm", mirip seperti suara nyamuk.

Seorang peneliti dari Universitas California bernama Christopher Clark melakukan pengamatan untuk mengukur kecepatan burung kolibri betina, Christopher mengambil gambar menggunakan kamera super cepat sehingga bisa menangkap setiap gerakan dari burung kolibri. Ia berhasil mendapatkan 500 gambar yang berbeda dalam satu detik.

Bukan cuma kepakan sayap, burung kolibri memang tampaknya diciptakan sebagai burung yang segala sesuatunya berlangsung sangat cepat. Misalnya soal detak jantung. Jantung kolibri berdetak dengan rata-rata kecepatan 1.200 detak per menit. Sebagai perbandingan, detak jantung rata-rata manusia hanya 60-100 detak per menit.

Tarikan napas mereka pun sangat cepat. Saat beristirahat, kolibri bernapas dengan kecepatan rata-rata 250 hembusan napas per menit. Saat terbang, hembusan napas mereka bahkan lebih cepat lagi.

Bahkan saat makan pun burung ini seolah selalu terburu-buru. Makanan kolibri adalah nektar bunga. Mereka makan dengan cara memasukkan paruhnya ke dalam bunga dan menjilati nektar dengan kecepatan yang luar biasa, yaitu 10 sampai 15 jilatan per detik.

Karena kolibri terbang sangat cepat, maka ia membutuhkan tenaga yang cukup besar dan untuk mendapatkan energi yang besar, seekor kolibri membutuhkan asupan makanan yang berkalori tinggi seperti nektar atau bagian dari inti sari bunga yang dihisap dengan paruhnya yang kecil dan panjang.Varietas kolibri berparuh panjang mendapatkan makanannya dengan cara menghisap madu seperti biasa, namun untuk varietas lain, kolibri akan mengebor sebuah lubang menembus pangkal bunga ke dalam madu lalu menyisipkan paruhnya dalam lubang tersebut.

Cara kolibri yang seperti itu juga dapat membantu bunga untuk penyerbukan silang, karena biasanya serbuk sari akan terbawa pada kepala atau paruh kolibri dan kemudian berpindah dari satu bunga ke bunga yang lain.

Selain madu dan nektar ada makanan alternatif yang bisa di berikan ke burung kolibri yaitu ulat dan kroto.Susu kental manis brand apa saja juga bisa di jadikan sebagai multivitamin tambahan untuk burung kolibri.

Sumber:
Wikipedia
Idntimes

Posting Komentar untuk "Burung Kolibri, Burung dengan Kepakan Sayap Tercepat di Dunia"