Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Hewan yang Melindungi Telurnya dengan Cara Unik

Ovipar adalah salah satu cara berkembang biakkan hewan dengan cara bertelur, yang pada umumnya mempunyai ciri-ciri telurnya dierami sampai menetas. Menurut Kamus besar bahasa Indonesia Ovipar adalah jenis reproduksi yg mengakibatkan telur yg dikeluarkan berkembang dan menetas di luar badan induknya.

Contoh hewan ovipar antara lain Serangga, Ayam, Angsa, Burung, Ikan, Katak, dan Serangga. Kelompok burung merupakan hewan ovipar juga. Walaupun kelompok burung tidak memiliki alat kelamin luar, fertilisasi tetap terjadi di dalam tubuh

Ternyata banyak hal unik yang dilakukan hewan untuk melindungi telurnya. diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Kura-kura
4 Hewan yang Melindungi Telurnya dengan Cara Unik

Kura-kura berbiak dengan bertelur (ovipar). Sejumlah beberapa butir (pada kura-kura darat) hingga lebih dari seratus butir telur (pada beberapa jenis penyu) diletakkan setiap kali bertelur, biasanya pada lubang pasir di tepi sungai atau laut, untuk kemudian ditimbun dan dibiarkan menetas dengan bantuan panas matahari. Telur penyu menetas kurang lebih setelah dua bulan (50-70 hari) tersimpan di pasir.

2. Burung pelatuk
4 Hewan yang Melindungi Telurnya dengan Cara Unik

Burung pelatuk juga menggunakan paruhnya untuk membuat lubang yang lebih besar sebagai sarangnya sekitar 15-45 cm (6-18 inchi) di bawah permukaan yang dibuka. Sarang-sarang itu hanya dilapisi dengan keping-keping kayu dan menyimpan 2-8 telur putih yang dikeluarkan betinanya. Karena di luar jangkauan penglihatan, sarang ini tidak terlihat pemangsa dan telurnya tidak perlu dikamuflase.

Burung pelatuk juga bekerjasama dengan semut, melakukan simbiosis mutualisme. Semut membantu burung pelatuk melindungi telur-telur dari predator.

3. Kuda laut
4 Hewan yang Melindungi Telurnya dengan Cara Unik

Keunikan tersebut yaitu kuda laut melakukan proses mengandung telur dan melahirkan oleh induk jantannya, wiii kok bisa begitu ya?

Kuda laut jantan memang mengandung telur dan melahirkan bayi-bayi kuda laut, namun pada dasarnya telur-telurnya tetap dihasilkan oleh kuda laut betina.

Kuda laut jantan memiliki kantong perut untuk menyimpan telur-telur yang diletakkan oleh kuda laut betina. Nah, pada saat telur-telur sampai di kantong perut ini, lapisan dalam kantung perut akan dipenuhi oleh pembuluh darah lalu kuda laut jantan akan membuahi telur-telurnya menjadi embrio.

4. Ikan mujair
4 Hewan yang Melindungi Telurnya dengan Cara Unik

Mujair betina akan mengeluarkan sekitar 100-600 telur ke lubang sarang yang telah disiapkan. Mujair jantan lalu membuahi telur-telur itu dengan menyemprotkan sperma mereka ke arah sarang yang telah terisi telur. Setelah dibuahi, mujair betina akan menyimpan telur-telurnya di dalam mulut mereka (mouthbrooding) hingga anak mereka menetas dan siap dilepaskan ke alam liar. Selama menjaga telur/anak di dalam mulutnya, mujair betina jarang makan.

Sumber:
Wikipedia
Quora

Posting Komentar untuk "4 Hewan yang Melindungi Telurnya dengan Cara Unik"