Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alasan Mengapa Kepiting Berjalan Menyamping

Kepiting adalah binatang anggota krustasea berkaki sepuluh dari upabangsa (infraordo) Brachyura, yang dikenal mempunyai "ekor" yang sangat pendek atau yang perutnya (abdomen) sama sekali tersembunyi di bawah dada (thorax). Tubuh kepiting dilindungi oleh cangkang yang sangat keras, tersusun dari kitin, dan dipersenjatai dengan sepasang capit. Ketam adalah nama lain bagi kepiting.

Alasan Mengapa Kepiting Berjalan Menyamping

Kepiting punya cara jalan unik yang tidak dimiliki makhluk lain, yakni berjalan menyamping. Proses evolusi, anatomi, dan habitat kepiting sangat berkaitan erat dengan fakta tersebut. Secara anatomi, kepiting memiliki kaki yang melekat pada bagian samping tubuh, kemudian sambungan kaki mereka menekuk ke arah luar sehingga membuat kepiting hanya bisa bergerak ke samping.

 Evolusi kepiting juga membuat tubuh mereka melebar dan pendek dengan perut kecil. Aspek-aspek ini menyebabkan kaki kepiting memanjang di setiap sisi tubuh mereka. Ini adalah alasan utama mengapa kepiting cenderung membuat gerakan menyamping untuk lebih mudah bergerak di berbagai habitat.

Dengan cara berjalan unik ini, kepiting mampu bergerak di berbagai lingkungan. Mulai dari permukaan berbatu sampai dasar air. "Karena kepiting bukan perenang hebat, mereka harus bisa berjalan di berbagai permukaan termasuk pasir, batu, dan bahkan beberapa spesies dapat memanjat pohon kelapa," tulis ahli dalam keterangan di ourmarinespecies.com. 

Anatomi kepiting Penting untuk digarisbawahi, kepiting memiliki banyak anatomi yang layak dipelajari, salah satunya kaki. Kepiting memiliki 10 kaki di setiap sisi tubuh. Salah satunya sepasang kaki yang ada di bagian depan dan telah berevolusi menjadi penjepit untuk berburu dan bertahan melawan ancaman.

 Aspek lain yang membuat kepiting berjalan menyamping adalah cangkang besar kepiting, yang memaksa kepiting untuk lebih mudah berjalan kalau dengan cara menyampung. Meski kepiting jalannya ke samping, mereka masih memiliki kemampuan untuk memutar tubuh jika diperlukan. 

Habitat kepiting Alasan kepiting berjalan menyamping juga ada hubungannya dengan habitat mereka. Seperti disinggung sebelumnya, kepiting bisa hidup di pasir, air, dan memanjat pohon kelapa. Namun, habitat paling umum kepiting adalah di air, baik itu air asin atau tawar. 

Meski habitat utamanya di air, kepiting bukanlah perenang unggul. Karena itu, mereka harus beradaptasi dengan lingkungan dasar air untuk bertahan hidup, salah satunya dengan berjalan ke samping agar bisa bergerak di berbagai permukaan. 

Sekarang, diketahui bahwa alasan utama mengapa kepiting berjalan menyamping adalah karena morfologi dan adaptasi dengan lingkungan. Tidak ada keraguan bahwa semua makhluk di dunia memiliki fitur menarik dan kadang-kadang aneh, yang benar-benar patut dibahas

Sumber:

Posting Komentar untuk "Alasan Mengapa Kepiting Berjalan Menyamping"