Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alasan Mengapa Semut Kalau Jalan Berbaris

Semut adalah semua serangga anggota suku Formicidae, bangsa Hymenoptera. Semut memiliki lebih dari 12.000 jenis (spesies), sebagian besar hidup di kawasan tropika. Sebagian besar semut dikenal sebagai serangga sosial, dengan koloni dan sarang-sarangnya yang teratur beranggotakan ribuan semut per koloni. Anggota koloni terbagi menjadi semut pekerja, semut pejantan, dan ratu semut. Dimungkinkan pula terdapat kelompok semut penjaga. 

Alasan mengapa Semut Kalau Jalan Berbaris

Satu koloni dapat menguasai daerah yang luas untuk mendukung kehidupan mereka. Koloni semut kadangkala disebut "superorganisme" karena koloni-koloni mereka yang membentuk sebuah kesatuan.

Beberapa jenis semut sangat dikenal oleh manusia karena hidup bersama-sama dengan manusia, seperti semut hitam, semut besar, semut merah, semut api, dan semut rangrang.

Saat menatap tembok, acap kali kita melihat deretan semut merah berjalan dalam satu garis rapi menuju suatu tempat. Pemandangan ini mungkin sering kita lihat sejak kecil. Namun kenapa semut jalannya selalu berbaris? 

Melansir laman Pitara, semut adalah serangga sosial. Mereka hidup dalam koloni besar dan memiliki kehidupan sosial yang sangat terorganisir. Menjadi serangga sosial, semut juga memiliki kemampuan komunikasi yang sangat baik dan inilah kunci kesejahteraan hidup mereka.

Di dalam dinding rumah, sebenarnya ada sarang semut merah. Mereka akan keluar sarang dan melakukan perjalanan jauh untuk mencari makanan.

Namun karena semut tidak memiliki peta atau alat bantu navigasi, mereka harus bergantung pada koloni untuk menemukan jalan dan tidak tersesat. Nah, lalu bagaimana cara semut pulang? Apakah pemimpin pasukan semut hafal arah jalan pulang? 

Pemimpin semut tidak tahu jalan pulang, mereka hanya mengikuti aroma kimia yang sengaja ditinggalkan sebelum pergi meninggalkan sarang. Aroma yang ditinggalkan semut itu bernama feromon. 

Setiap semut memiliki perbendaharaan "kata" kimia hingga 20 feromon berbeda yang dapat dikeluarkan untuk membentuk jejak aroma tertentu. Ujung antena pada kepala semut berfungsi untuk menerjemahkan "kata" kimia tersebut sehingga bisa memandu semut dalam satu barisan untuk pergi ke tempat tujuan. 

Jika Anda ingin menguji fakta tersebut, Anda bisa menggunakan penghapus kemudian digosokkan ke jalur yang dilalui semut. Alhasil semut bakal kehilangan baru dan mereka akan bergerak ke segala arah.

Sumber:
Wikipedia
kompas 

Posting Komentar untuk "Alasan Mengapa Semut Kalau Jalan Berbaris"