Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Cacing Parasit Bisa Tetap Hidup Di Dalam Tubuh Manusia?

Mengapa cacing parasit bisa tetap hidup dalam tubuh manusia? bukankah seharusnya cacing mati saat berada di lambung kita karena tergiling dan meleleh karena asam lambung?  Kalau yang dimaksud adalah cacing tanah, kemungkinan besar akan mati saat melewati lambung akibat paparan asam lambung.

Lain ceritanya dengan cacing parasit. Cacing parasit adalah cacing yang hidup sebagai parasit pada organisme lain, baik hewan atau tumbuhan. Mereka adalah organisme yang seperti cacing yang hidup dan makan pada tubuh yang ditumpangi serta menerima makanan dan perlindungan sementara menyerap nutrisi tubuh yang ditumpangi. Penyerapan ini menyebabkan kelemahan dan penyakit. Penyakit yang diakibatkan oleh cacing parasit biasanya disebut secara umum sebagai kecacingan.

Cacing parasit umumnya merupakan anggota Cestoda, Nematoda, dan Trematoda.
an Necator americanus)


Cacing parasit yang masuk ke dalam tubuh manusia melalui mulut, tidaklah dalam bentuk fisik cacing dewasa. Ia masuk lewat mulut dalam wujud telur atau kista (cyst).






telur cacing atau kista
 Cacing gelang (Ascaris lumbricoides) masuk melalui mulut dalam bentuk telur yang sudah dibuahi (sudah mengandung embrio cacing). Masalahnya, telur cacing gelang memiliki 3 lapisan pelindung. Lapisan paling luar berbahan protein, lapisan di bawahnya bersifat semipermiabel, dan lapisan paling bawah adalah membran vitelin berbahan lipid (lemak) nonpermiabel. Lapisan-lapisan ini terkikis perlahan oleh asam lambung sehingga larva cacing bisa keluar selamat sampai di usus halus. Di sanalah sang cacing berpesta-pora dan beranak-pinak.

Cacing pita (Taenia solium) bisa masuk ke dalam tubuh manusia dalam bentuk kista melalui daging yang dikonsumsi atau dalam bentuk telur berembrio yang berasal dari kotoran babi. Dinding kista memiliki lapisan kutikula luar (semacam lapisan lilin), lapisan seluler pseudoepitel tengah, dan lapisan retikular dalam. Kista ini mengandung skoleks (semacam kepala dengan beberapa mulut) yang akan menempel di dinding usus dan berkembang menjadi cacing pita dewasa.

Sama seperti telur cacing gelang, telur cacing pita memiliki beberapa lapisan pelindung yang akan larut perlahan ketika bereaksi dengan asam lambung akan memberi cukup waktu bagi larva cacing pita menuju usus halus. Jahatnya cacing pita adalah, larva dapat menembus usus, masuk aliran darah menuju berbagai jaringan tubuh, dan bersembunyi dalam bentuk kista ini.

Summber:  Jawaban Zulfan Zazuli di Quora dan Wikipedia

Posting Komentar untuk "Mengapa Cacing Parasit Bisa Tetap Hidup Di Dalam Tubuh Manusia?"