Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Perkembangbiakan Generatif dan Vegetatif pada Hewan

Terdapat berbagai jenis hewan yang ada di dunia ini. Salah satu ciri dari makhluk hidup adalah berkembang biak. Perkembangbiakan hewan memiliki tujuan untuk melestarikan jenisnya terlebih lagi adalah banyak hewan yang ada di dunia hampir di ambang kepunahan. Oleh sebab itulah perkembangbiakan perlu dilakukan agar hewan tersebut tidak punah. Sebenarnya setiap makhluk hidup memiliki kemampuan untuk melestarikan jenisnya dengan cara berkembangbiak hewan, namun seiring dengan campur tangan manusia banyak makhluk hidup yang tidak dapat melestarikan jenisnya.




Pengertian Perkembangbiakan Generatif dan Vegetatif pada Hewan

Sama halnya dengan tumbuhan, perkembangbiakan hewan dibedakan menjadi pengelompokan hewan dua macam yaitu dengan cara kawin atau generatif maupun tidak kawin atau vegetatif. Cara kawin akan dilakukan oleh hewan dengan meleburkan sel kelamin jantan dengan sel telur betina. Hasil peleburan tersebut akan menghasilkan individu baru. Perkembangbiakan dengan cara vegetatif atau tidak kawin juga akan dilakukan pada hewan dengan tingkat rendah.

Jenis Perkembangbiakan Hewan

Perkembangbiakan hewan terbagi menjadi dua macam yaitu sebagai berikut ini:

1. Perkembangbiakan Generatif pada Hewan

Perkembangbiakan dengan jenis ini akan membentuk individu baru dengan cara kawin yaitu peleburan sel kelamin jantan dan juga sel kelamin betina. Berikut ini adalah jenis perkembangbiakan yang masuk ke dalam jenis generatif :
  • Melahirkan atau vivipar
Vivipar adalah hewan yang berkembang biak dengan cara beranak atau melahirkan. Hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan adalah hewan mamalia atau menyusui. Hewan yang melahirkan sebenarnya juga menghasilkan telur namun tidak dibungkus oleh cangkang dan juga tidak dikeluarkan dari tubuh hewan betina. Telur yang sudah dihasilkan tadi selanjutnya akan dibuahi oleh sperma didalam rahim saat terjadi perkawinan.

Setelah pembuahan, maka terbentuklah embrio hewan yang tumbuh dan berkembang di dalam rahim dengan memanfaatkan nutrisi dari induknya. Nutrisi yang diperoleh langsung dari induknya ini disalurkan melalui plasenta. Calon bayi akan mengalami pertumbuhan di dalam rahim hingga sempurna. Setelah organ tubuh dari jabang bayi sempurna, maka bayi tersebut siap untuk dilahirkan.

  • Bertelur atau ovipar.
Ovipar adalah hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur. Setelah pembuahan, maka terbentuklah embrio hewan yang tumbuh dan berkembang di dalam cangkang telur. Setelah telur dikeluarkan oleh induknya, embrio ini akan menjadi individu baru saat terjadi proses pengeraman oleh induknya. Calon anak ini mendapatkan nutrisi dan cadangan makanan yang berasal dari dalam telur. Pembuahan nya sendiri bisa terjadi di dalam tubuh (internal) atau bisa juga di luar tubuh (eksternal).

Ovipar ini dapat dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan proses pembuahannya yaitu:

  1. Hewan ovipar atau bertelur yang proses pembuahannya terjadi di dalam tubuh induk betina. Contohnya adalah jenis unggas.
  2. Hewan ovipar atau bertelur yang proses pembuahannya terjadi di luar tubuh induk betina. Contohnya adalah jenis amfibi dan ikan.
  • Bertelur dan juga melahirkan atau ovovivipar.

Ovovivipar adalah hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur dan beranak. Setelah terjadi proses pembuahan maka terbentuklah embrio hewan yang berkembang di dalam telur. Untuk mendapatkan nutrisi, embrio hewan ovovivipar tidak mendapatkannya langsung dari tubuh induknya, melainkan dari nutrisi yang tersedia dalam telur.  Setelah pertumbuhannya sempurna maka telur itu pun menetas. Setelah telur menetas, barulah bayi hewan tersebut keluar dari tubuh induknya. 

Contoh hewan ovovivipar yaitu bunglon, kadal, salamander, anaconda, ikan hiu, ikan pari, kuda laut, ular boa.

2. Perkembangbiakan vegetatif pada hewan

Perkembangbiakan dengan cara vegetatif akan dilakukan oleh hewan yang memiliki tingkat rendah. Cara vegetatif merupakan cara yang bisa dilakukan hewan dengan berkembangbiak meskipun dengan cara tidak kawin. Berikut ini adalah jenis perkembangbiakan yang masuk ke dalam jenis vegetatif :
  • Tunas
Bertunas merupakan cara perkembangbiakan hewan tanpa melalui proses perkawinan. Hewan yang berkembang biak dengan bertunas memiliki tunas kecil yang tumbuh di bagian tubuh hewan tingkatan rendah yang sudah dewasa. Tunas tersebut kemudian akan mulai mencari makanannya sendiri dan lama-kelamaan akan terlepas dari induknya dan menjadi individu yang baru.
Contoh hewan yang berkembang biak dengan cara bertunas adalah anemon laut dan Hydra.

  • Membelah diri
Membelah diri merupakan salah satu cara perkembangbiakan hewan tanpa melalu proses perkawinan. Hewan yang berkembang biak dengan cara membelah diri, bagian tubuhnya akan terbelah menjadi dua dan menjadi dua individu yang berbeda. Pembelahan pertama kali terjadi pada inti sel, kemudian bagian tubuh lain ikut membelah. Pembelahan ini menghasilkan dua sel kembar. Tiap sel hasil pembelahan tersebut menjadi individu baru yang dapat tumbuh dan berkembang biak.

Hewan yang berkembang biak dengan membelah diri adalah hewan bersel satu. Hewan ini sangat kecil dan hanya dapat dilihat dengan mikroskop.

Contoh hewan yang berkembang biak dengan cara membelah diri adalah Protozoa. Hewan ini hidup di tempat yang berair/lembab/basah. Hewan yang termasuk Protozoa adalah Amoeba dan Paramecium.

  • Fragmentasi
Fragmentasi adalah perkembangbiakan dengan cara pemisahan bagian tubuh. Bagian tubuh yang terpisah tersebut akan menghasilkan individu baru.
Contoh hewan yang berkembang biak dengan cara pemisahan bagian tubuh adalah bintang laut dan cacing planaria. Bila bintang laut terbelah menjadi dua bagian, maka tiap bagian tubuhnya itu dapat tumbuh menjadi individu baru. Cacing planaria memiliki tubuh yang pipih. Bila tubuhnya terpotong justru akan muncul individu baru dari bagian tubuh yang terpotong tadi.


Demikian artikel Pengertian Perkembangbiakan Generatif dan Vegetatif pada Hewan semoga bisa bermanfaat.

Sumber:
1. https://dosenbiologi.com/hewan/perkembangbiakan-hewan
2. https://www.juraganles.com/2017/09/perkembangbiakan-hewan-secara-generatif-dan-vegetatif.html

Posting Komentar untuk "Pengertian Perkembangbiakan Generatif dan Vegetatif pada Hewan"