Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Singa India, Satu-Satunya Singa dari Asia

Singa asia (Panthera leo persica), juga dikenal sebagai singa india atau singa persia, adalah subspesies singa yang hidup sebagai populasi tunggal di negara bagian India, Gujarat. Singa ini terdaftar sebagai spesies terancam oleh Uni Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN) disebabkan oleh ukuran populasinyaa yang kecil.

Mengenal Singa India, Satu-Satunya Singa dari Asia

Singa asia pertama dijelaskan oleh zoologi Austria, Johann N. Meyer dalam trinomen Felis leo persicus. Singa asia adalah salah satu dari lima spesies kucing besar yang ditemukan di India, bersama dengan harimau Benggala, macan tutul India, macan tutul salju, dan macan dahan.

Sejak tahun 2010, populasi singa di Taman Nasional Hutan Gir telah meningkat terus. Pada bulan Mei 2015, sensus singa asia ke-14 dilakukan di atas wilayah dengan luas sekitar 20000 km2 (7700 sq mi); populasi singa diperkirakan 523 ekor, yang terdiri dari 109 jantan dewasa, 201 betina dewasa, dan 213 anak singa.

Kucing merupakan keluarga singa Afrika – mereka diyakini terpisah 100.000 tahun lalu – tetapi sedikit lebih kecil dan memiliki lipatan kulit yang khas di bagian perutnya.

Hewan tersebut menjadi objek wisata utama di Gujarat, tempat hewan itu sebelumnya menjadi sasaran pemburu liar, 

Habitat sebelumnya dari singa asia mencakup Eropa tenggara, Basin Laut Hitam, Kaukasus, Persia, Kanaan, Mesopotamia, Baluchistan, dari Sindhu di barat sampai Benggala di timur, dan dari Rampur dan Rohilkund di utara sampai Nerbudda di selatan. Singa asia berbeda dari singa Afrika dengan auditory bulla (kapsul tulang yang mengelilingi bagian tengah dan dalam telinga yang kurang menggembung, ekor yang lebih besar, dan bulu tengkuk yang kurang mengembang.

Sumber:
Wikipedia
kabar24

Posting Komentar untuk "Mengenal Singa India, Satu-Satunya Singa dari Asia"