Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Telinga Kelinci Selain untuk Mendengar

Kelinci adalah hewan mamalia dari famili Leporidae, yang dapat ditemukan di banyak bagian bumi. Kelinci berkembangbiak dengan cara beranak yang disebut vivipar. Dulunya, hewan ini adalah hewan liar yang hidup di Afrika hingga ke daratan Eropa. 


Pada perkembangannya, tahun 1912, kelinci diklasifikasikan dalam ordo Lagomorpha. Ordo ini dibedakan menjadi dua famili, yakni Ochtonidae (jenis pika yang pandai bersiul) dan Leporidae (termasuk di dalamnya jenis kelinci dan terwelu). Asal kata kelinci berasal dari bahasa Belanda, yaitu konijntje yang berarti "anak kelinci". 

Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Nusantara mulai mengenali kelinci saat masa kolonial, padahal di Pulau Sumatra ada satu spesies asli kelinci sumatera (Nesolagus netscheri) yang baru ditemukan pada tahun 1972.

Saat ini sejumlah jenis kelinci menjadi hewan peliharaan dan hewan pedaging. Beberapa jenis kelinci sebagai hewan pedaging juga ada yang dijadikan hewan peliharaan.

Kelinci di Indonesia, khususnya pulau Jawa,banyak diternakkan secara komersial oleh para peternak kelinci di Lembang, di mana kelinci hias menjadi primadona para peternak. 

Sisa kelinci yang tidak termasuk kategori hias, akan mereka jual sebagai kelinci pedaging, di mana Lembang juga merupakan konsumen daging kelinci yang cukup besar dengan mengedepankan sate kelinci sebagai komoditas utama. Selain di Lembang, sate kelinci dapat pula dijumpai di daerah Sumedang dan Kabupaten Bogor.

Selain mendengar, telinga kelinci juga sebagai ruang mendinginkan suhu tubuh kelinci. Kelinci yang aktif memiliki suhu tubuh yang tinggi dan karena tidak bisa berkeringat maka pendinginan suhu tubuh disalurkan melalui pembuluh darah yang terdapat di telinga kelinci.

Jika di perhatikan banyak sekali pembuluh darah di telinga kelinci dan darah yang mengalir kesana akan sekalian di dinginkan di telinga.

Jadi jangan pernah mengangkat kelinci dari telinganya karena hal tersebut akan membuat kelinci kesakitan. Bayangkan saja jika kita di angkat dengan cara dicubit di telinga, kebayang gimana sakitnya??

Kalau melihat orang yang masih mengangkat kelinci di telinganya tolong di tegur dan di edukasi yah.

Sumber:
Wikipedia
Quora

Posting Komentar untuk "Fungsi Telinga Kelinci Selain untuk Mendengar"