Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Perlombaan senjata evolusioner pada Hewan dan Jenisnya

Dalam biologi evolusioner, perlombaan senjata evolusioner adalah persaingan evolusioner antara sekumpulan gen yang saling mengembangkan adaptasi terhadap satu sama lain, sehingga tampak seperti perlombaan senjata.


Pengertian Perlombaan senjata evolusioner Pada Hewan dan Jenisnya

Sekumpulan gen yang saling bersaing tersebut bisa berada dalam spesies yang berbeda, seperti misalnya antara predator dan buruannya (Vermeij, 1987), atau antara parasit dan inangnya.

 Perlombaan senjata evolusioner juga dapat terjadi antara anggota sesama spesies, seperti dalam model komunikasi manipulasi/resistansi (Dawkins & Krebs, 1979), dalam model pelarian Fisher, dalam efek Ratu Merah, atau dalam konflik seksual antara kedua jenis kelamin. Thierry Lodé menekankan peranan interaksi antagonistik semacam itu dalam mengarahkan evolusi ke pemindahan karakter.

Salah satu contoh perlombaan senjata evolusioner adalah antara manusia dan mikroorganisme: peneliti membuat antibiotik, sementara mikroorganisme berevolusi menjadi galur baru yang imun.

Jenis-jenis perlombaan senjata evolusioner

Perlombaan senjata evolusioner dapat dibagi menjadi dua, yaitu simetris dan asimetris

Perlombaan senjata simetris 
Dalam perlombaan senjata simetris, tekanan seleksi mengarahkan partisipan ke arah yang sama. Contohnya adalah pohon yang menjadi lebih tinggi sebagai akibat dari persaingan dalam memperoleh cahaya matahari, dengan peningkatan ketinggian sebagai keunggulan seleksi. 

Perlombaan senjata  asimetris
Perlombaan senjata asimetris melibatkan tekanan seleksi yang berbeda, seperti antara cheetah dan gazelle. Cheetah berevolusi untuk menjadi lebih baik dalam memburu dan menangkap gazelle, sementara gazelle mengembangkan mekanisme untuk menghindar.

Spesies tanpa perlombaan senjata evolusioner

Ketika suatu spesies tidak pernah terlibat dalam perlombaan senjata sebelumnya, spesies itu dapat mengalami kepunahan ketika predator atau kompetitor baru datang karena spesies tersebut belum pernah menghadapi tekanan evolusioner semacam itu sebelumnya. Ini adalah masalah yang umum di ekosistem yang terisolasi seperti di Australia atau Kepulauan Hawaii. 

Di Australia, banyak spesies pendatang, seperti katak cane dan kelinci, yang menyebar luas karena kurangnya kompetisi. Spesies yang diperkenalkan juga mengakibatkan kepunahan spesies yang belum pernah menghadapi tekanan seleksi predator, seperti dalam kasus burung dodo.

Demikian artikel Pengertian Perlombaan senjata evolusioner Pada Hewan dan Jenisnya semoga bisa bermanfaat.

Sumber:
Wikipedia

Posting Komentar untuk "Pengertian Perlombaan senjata evolusioner pada Hewan dan Jenisnya"