Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lebih Lambat dari Siput! Ini dia Hewan Terlambat di Dunia

Pernah nonton film “Zootopia”? Film tentang polisi berwujud kelinci bernama Judy yang mengalami drama sejak bertemu rubah bernama Nick.

Salah satu adegan di dalam film tersebut adalah ketika mereka berdua mendatangi Department of Mammal Vehicles. Di sana mereka harus sangat sabar berhadapan dengan petugas berwujud sloth bernama Flash.




Betapa mengesalkan adegan ini karena pelayanan yang sangat lamban. Flash berbicara, bergerak, bahkan merespon candaan dengan sangat lambat. 

Sloth yang bahasa indonesianya adalah kungkang merupakan mamalia berukuran sedang yang termasuk dalam famili Megalonychidae (kungkang dua jari) dan Bradypodidae (kungkang tiga jari) yang digolongkan menjadi enam spesies.


Lebih Lambat dari Siput! Ini dia Hewan Terlambat di Dunia

Hewan ini merupakan bagian dari ordo Pilosa sehingga ada hubungannya dengan pemakan semut yang mempunyai kemiripan cakar. Kungkang adalah hewan arboreal (bertempat tinggal di pohon) yang menghuni rimba di Amerika Tengah dan Selatan. Spesies kungkang yang telah punah meliputi sejumlah besar kungkang darat yang beberapa di antaranya berukuran sebesar gajah.

Kungkang menjadi habitat yang baik bagi organisme lain. Seekor kungkang dapat dijadikan tempat tinggal bagi ngengat, kumbang, kecoa, ciliata, fungi, dan alga. Hewan ini terkenal akan geraknya yang lamban.

Nah itulah hewan yang lebih lambat dari siput: three-toed sloth atau sloth berjari tiga. Bahkan sebuah artikel ilmiah yang ditulis oleh para peneliti di University of Wisconsin menyatakan bahwa sloth adalah hewan paling lambat.

Dalam artikel ini disebutkan bahwa sloth memiliki tingkat metabolisme yang paling rendah, yang hampir menyamai sloth adalah panda. Oleh karena itu wajar saja gerakannya sangat lambat.

Namun mereka tidak akan bermasalah dalam hal itu. Mereka bukanlah hewan penjelajah dan mereka lebih suka menghabiskan waktunya dengan makan, istirahat, dan tidur.

Untuk mengetahui seberapa lambat sloth bisa anda lihat lewat video di bawah ini!



Sumber: Quora dan wikipedia

Posting Komentar untuk "Lebih Lambat dari Siput! Ini dia Hewan Terlambat di Dunia"