Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Sembarangan! Ini Cara Paling Benar Melepas Gigitan Lintah

Lintah adalah cacing parasit atau predator yang tersegmentasi  yang termasuk dalam filum Annelida dan terdiri dari subkelas Hirudinea. Mereka terkait erat dengan oligochaetes, yang termasuk cacing tanah, dan seperti mereka memiliki tubuh lunak, berotot, tersegmentasi yang dapat memperpanjang dan berkontraksi.

 Kedua kelompok adalah hermafrodit dan memiliki clitellum, tetapi lintah biasanya berbeda dari oligochaetes dalam memiliki pengisap di kedua ujungnya dan dalam memiliki pembatalan eksternal yang tidak sesuai dengan segmentasi internal mereka. Tubuh relatif padat, dan rongga tubuh yang luas ditemukan di annelida lain, coelom, direduksi menjadi saluran kecil.

Suatu ketika Chanell youtub Coyote Peterson, suatu kali dengan sengaja memasukkan ke tangannya ke dalam bak berisi air dan lebih dari 10 lintah dan membiarkan darahnya disedot oleh lintah-lintah tersebut selama kurang lebih 20 menit. l


Jangan Sembarangan! Ini Cara Paling Benar Melepas Gigitan Lintah

Semua demi sains, katanya.

Tentu saja itu tidak berarti Anda perlu menirunya, oke? kata coyote peterson. 

Ada 2 video, yang satu saat-saat ia membiarkan tangannya digigit 12 lintah sekaligus, hingga melepaskan mereka satu-persatu. Yang satunya menjelaskan tindakan pertolongan pertama yang bisa dilakukan untuk menangani luka bekas gigitan lintah.

Meski begitu, ia tetap menyarankan untuk mencari pertolongan media sesegera mungkin untuk memastikan Anda tidak terkena infeksi. Selain itu, ada yang bisa merasakan efek samping seperti luka yang membengkak, terasa gatal, atau bahkan kesulitan bernafas, jadi memang sebaiknya tetap diperiksa ke RS atau puskemas terdekat.




Jujur saya sendiri jijik melihat makhluk hitam yang bergerak dengan menggeliat itu, tapi videonya ini membuktikan secara langsung bahwa lintah itu bukan hewan yang seharusnya sangat ditakuti, karena mereka tidak menyebabkan kematian. Justru lintah ini ada yang dipakai untuk kesehatan loh.

Dengan tangannya yang penuh dengan lintah, dia menjelaskan kalau melepaskan lintah dengan mencabutnya secara paksa, menaburkan garam, atau menyulut api ke dekat lintah-lintah itu adalah ide yang buruk, karena itu semua akan berpotensi menyebabkan infeksi masuk ke bagian yang telah digigit oleh hewan pecinta darah ini.

Cara terbaik untuk melepaskan mereka adalah dengan menggunakan ujung kuku Anda untuk mendorong bagian mulut lintah yang sedang menyedot darah secara perlahan-lahan sampai terlepas. Kalau Anda merasa tidak sanggup melakukannya, mintalah bantuan orang lain. Anda juga bisa memakai ujung sendok atau penggaris besi, dan bahkan kartu kredit.

Di video itu, karena Coyote membiarkan tangannya terus disedot sampai 20 menit, justru sangat mudah untuk melepaskan para lintah karena mereka sudah sangat kenyang makan darah. Anda tidak perlu menunggu segitu lama juga sih, tapi pakailah cara yang sama untuk menyingkirkan mereka.

Segera setelah lintah itu terlepas, darah Anda akan terus-menerus mengalir karena ludah dari lintah itu mengandung anti koagulan yang mencegah sel darah merah untuk menggumpal. Basuh dengan air sampai agak bersih, lalu gunakan tisu basah/ Betadine/sabun untuk membunuh kuman di sekitar bekas luka gigit.

Coyote juga menyemprot hidrogen peroksida yang bisa membantu darah kembali menggumpal, tapi kalau Anda tidak punya, tidak masalah. Sobek tisu dan tekan di bagian yang terluka. Darah akan tetap terus mengalir sampai beberapa jam, jadi balutlah bagian di sekitar luka dengan perban. Setelah itu barulah pergi ke RS atau puskesmas untuk tindakan lanjutan.

Coyote Peterson sendiri sering melakukan eksperimen seperti membiarkan dirinya disengat bermacam jenis lebah, semut, dan juga hewan berbisa seperti lion fish. Selain itu juga ada saat ia membiarkan tangannya diserang penyu penggigit, ditusuk duri landak, dijepit lobster… “Semuanya demi sains.”

Sekali lagi, aksinya memang bukan untuk ditiru di rumah, tapi setelah ia melakukan aksi-aksi nekat itu, biasanya dia akan menjelaskan pertolongan pertama seperti apa yang harus Anda lakukan saat menghadapi situasi tersebut. Melihatnya melakukan itu semua juga mungkin bisa membuat Anda tidak terlalu panik saat dihadapkan masalah semacam itu.

Sumber: quora

Posting Komentar untuk "Jangan Sembarangan! Ini Cara Paling Benar Melepas Gigitan Lintah"