Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Binatang yang Memakan Semut Lengkap

halo gan selamat sore udah agak lama nih ane gak buat thread  dan kali ini ane mau bahas tentang hewan mamalia pemakan semut gan , sebenarnya ane mau buat thread tentang 1 hewan aja tapi repost jadi ane buat sekali banyak aja  dan ini adalah thread pertama ane, jadi mohon bantuannya ya. Jadi seperti apa yang ane tulis diatas tadi ane mau buat thread tentang hewan mamalia yang makanan utamanya adalah semut oke deh gan langsung aja.

Binatang yang Memakan Semut Lengkap

Aardvark
Aardvark dikenal dengan nama Beruang semut (Ant bear) adalah mamalia pemakan semut yang penyebarannya hanya dapat dijumpai di benua Afrika. Kata aardvark diambil dari bahasa Afrika, yang dalam bahasa Inggrisnya berarti "earthpig" (babi tanah), meskipun kesamaan mereka dengan babi hanya sedikit.Seekor aardvark dapat menggali tanah yang keras lebih cepat dibandingkan beberapa orang yang menggali dengan sekop.Aardvark bisa makan hingga 50.000 serangga setiap malam yang mereka kumpulkan dengan lidah lengket yang dapat mereka panjangkan hingga 30 sentimeter.Aardvark tidak mengunyah makananannya, mereka menelan seluruh makanan dan melakukan penggilingan di otot perut.

Aardvark merupakan hewan yang aktif pada malam hari (noktural).Mereka menghabiskan waktu pagi hari dengan tidur meringkuk di dalam sarangnya.Namun, terkadang mereka juga terlihat berkeliaran di luar pada siang hari dan sore hari yang dingin.Pada malam hari aardvark meninggalkan sarang dan mulai mencari makanan. Aardvark mencari semut dan rayap untuk dimakan dengan cara berjalan zigzag menyusuri tanah dengan moncongnya. Mereka cenderung berjalan dengan cara menancapkan cakarnya ke tanah serta tampak agak lambat dan canggung. Jika berjalan pada tanah yang lunak, ekor aardvark akan menyeret dan meninggalkan jejak di belakangnya.
Spoiler for bayi aardvark: 

Persebaran aardvark sangat ditentukan oleh persebaran spesies semut dan rayap yang cocok sebagai makanan mereka.Hewan ini tersebar di wilayah selatan Sahara, yaitu mulai dari Senegal ke Ethiopia hingga ke Afrika Selatan.Aardvark dapat dijumpai di negara-negara di Afrika, antara lain: Angola, Botswana, Burkina Faso, Burundi, Kamerun, Republik Afrika Tengah, Chad, Kongo, Republik Demokratik Kongo, Djibouti, Eritrea, Ethiopia, Gabon, Gambia, Ghana, Guinea-Bissau, Kenya, Malawi, Mali, Mozambik, Namibia, Niger, Nigeria, Rwanda, Senegal, Sierra Leone, Somalia, Afrika Selatan, Sudan, Swaziland, Tanzania, Uganda, Zambia, dan Zimbabwe.

Giant Anteater
Pemakan semut raksasa alias giant anteater adalah hewan yang tinggal di daerah padang rumput , savana , dan hutan tropis di Amerika Tengah dan Selatan.Hewan ini pemalu dan suka hidup menyendiri .ukuran tubuhnya berbeda-beda , ada yang berukuran kecil , sekitar 30 cm dan ada yang berukuran besar(Myrmecophaga tridactyla) , yang panjangnya mencapai 2 meter . Anteater sering menggendong anaknya hingga berumur 1 tahun untuk melindungi anaknya dari pemangsa.

Anteater memiliki moncong panjang,mulut kecil,dengan lidah tipis dan panjang,serta cakar yang melengkung dan tajam,untuk melubangi sarang semut.Ketika para semut panik,dia mangkap semut itu dengan lidahnya yang lengket.Anteater bisa menjilati mangsanya dengan sangat cepat,hingga 150 kali dalam 1 menit.

Anteater tidak punya gigi,jadi dia langsung menelan makanannya.Sehari dia bisa memakan 3000 semut.Meskipun dia suka melubangi sarang semut,dia tidak mau merusaknya , karena dia akan kembali ke sarang itu lagi.Anteater juga suka memakan rayap dan buah-buahan matang yang ada di tanah.

Walau ukuran semut kecil-kecil,dia tidak kesulitan menemukan mangsanya.Dia tidak menggunakan matanya,karena penglihatannya buruk,tapi anteater menggunakan penciumannya.Hidungnya memiliki penciuman 40 kali lebih kuat daripada manusia.

Numbat
Numbat merupakan binatang simbol untuk wilayah Australia Barat, tetapi sayangnya saat ini populasi mereka berada dalam status "Terancam Punah". Untuk melindungi satwa yang saat ini hanya ditemukan dalam beberapa koloni kecil ini, pemerintah Australia mengadakan sebuah program konservasi.

Numbat memiliki ukuran tubuh kecil dengan panjang hanya sekitar 35–45 cm, diukur hingga ujung ekornya, di mana panjang ekornya hampir sama dengan panjang tubuhnya. Berat badan Numbat berkisar antara 280 gram hingga 700 gram.

Binatang ini memiliki berbagai macam variasi warna, terbentang dari abu-abu muda hingga cokelat kemerahan dengan garis-garis melingkari tubuh berwarna putih, garis hitam yang memanjang dari wajah hingga ujung ekornya, dan bulu bagian atas berwarna lebih kemerahan.
Berbeda dengan binatang marsupial (berkantung) lainnya, Numbat merupakan binatang diurnal (aktif disiang hari). 

Di siang hari mereka akan berburu rayap sebagai makanan utama mereka dengan menggunakan cakar kuatnya dan lidah yang sangat panjang, ramping, serta lengket untuk menangkap rayap.
Daerah penyebaran Numbat terbentang dari Australia bagian Selatan, Australia Bagian Barat hingga bagian barat daya New South Wales. Namun sejak kedatangan bangsa Eropa ke Australia, daerah penyebaran mereka semakin menyusut. Dan saat ini mereka hanya dapat ditemukan di 2 tempat yaitu di Dryandra Woodland dan Perup Nature Reserve, yang keduanya merupakan daerah di Australia Bagian Barat

Echidna
Ekidna atau babi duri adalah satu-satunya hewan dari ordo Monotremata yang masih bertahan hidup selain platipus. Keempat spesies yang masih hidup, merupakan hewan asli Papua dan Australia, semuanya termasuk ke dalam famili Tachyglossidae. Ekidna dinamai berdasarkan nama monster dalam mitologi Yunani kuno.
Ekidna diklasifikasikan ke dalam dua genera. Genus Zaglossus meliputi tiga spesies yang masih bertahan hidup dan dua spesies yang sudah punah (diketahui hanya melalui fosil). Genus lainnya adalah Tachyglossus di mana hanya satu spesies yang dikenal.
Spoiler for ekidna: 

Ekidna menggulung dirinya menjadi sebuah bola, dengan hati-hati dipindahkan dari jalan.
Ekidna adalah mammalia kecil yang tubuhnya ditutupi rambut kasar dan duri. Ekidna menyerupai pemakan semut Amerika Selatan dan mammalia berduri lainnya seperti hedgehog dan landak. Mereka memiliki moncong yang berfungsi sebagai mulut dan hidung. Moncong mereka panjang dan langsing. Mereka memiliki kaki yang pendek dan kuat dengan kuku besar. Ekidna juga adalah penggali yang handal. Mereka memiliki mulut yang mungil dan rahang tak bergigi. Mereka makan dengan cara membuka batang kayu yang lunak, sarang semut, dan semacamnya, dan menggunakan lidahnya yang panjang serta lengket yang memanjang dari moncongnya untuk mengumpulkan mangsanya. Ekidna moncong pendek terbiasa memakan semut dan rayap dalam jumlah besar, sedangkan spesies Zaglossus terbiasa memakan cacing tanah dan larva serangga.
Spoiler for ekidna: 

Ekidna ditemui di berbagai macam lingkungan, termasuk taman kota.
Selain platipus, keempat spesies echidna adalah satu-satunya mammalia yang bertelur. Betina menelurkan satu telur berbulu bercangkang lunak dua puluh dua hari setelah kimpoi dan meletakkannya langsung dalam kantungnya. Telur akan menetas setelah sepuluh hari; ekidna muda (dalam bahasa Inggris disebut: puggle), kemudian akan menghisap susu dari pori-pori kedua kelenjar susu (sebab monotremata tidak memiliki puting) dan tetap tinggal di dalam kantung induknya untuk empat puluh lima hingga lima puluh lima hari, selama kurun waktu tersebut, mulai tumbuh duri. Sang ibu menggali lubang untuk merawat anaknya dan meletakkan anaknya di dalam lubang. Sang ibu kembali setiap lima hari untuk menyusui sampai berhenti menyusui pada bulan ketujuh


Trenggiling
Trenggiling (juga disebut sebagai pemakan semut bersisik atau trenggiling) adalah mamalia dari ordo Pholidota.  Spesies ini memiliki ukuran 30-100 cm . Hewan ini dapat ditemukan di daerah tropis di seluruh Afrika dan Asia . Trenggiling berukuran besar dan memiliki sisik keratin pelindung yang menutupi kulit mereka mereka adalah satu-satunya mamalia yang dikenal dengan adaptasi ini. Mereka tinggal di pohon berlubang atau liang, tergantung pada spesies.

Trenggiling aktif di malam hari dan makanan utama mereka adalah semut dan rayap yang mereka ambil menggunakan lidah khusus mereka . Mereka cenderung hidup secara soliter . Populasi Trenggiling sangat terancam akibat  perburuan liar dan deforestasi berat habitat alami mereka dan mereka merupakan mamalia yang paling sering diperdagangkan di dunia. Dari delapan spesies trenggiling, empat spesies (Phataginus tetradactyla, P. tricuspis, Smutsia gigantea, dan S. temminckii) terdaftar sebagai rentan, dua spesies (Manis crassicaudata dan M. cullonensis) terdaftar sebagai terancam punah, dan dua spesies (M. pentadactyla dan M. javanica) terdaftar sebagai terancam punah pada IUCN Red List .

itu dia gan beberapa hewan mamalia pemakan semut , mungkin agan dan sista bisa nambahi lagi hehe dan semua hewan diatas adalah hewan yg terancam punah , terutama trenggiling yg diburu karena dijadikan obat sehingga populasinya menurun drastis dan semoga penangkaran hewan hewan diatas semakin banyak agar kita masih dapat melihat mereka di masa yang akan datang dan kita juga harus peduli dengan kehidupan mereka agar mereka tidak punah. itu aja mungkin yg bisa ane sampaikan , sekian thread ane kali ini semoga menambah pengetahuan agan dan sista serta jika ada kesalahan ane mohon maaf ya

Posting Komentar untuk "Binatang yang Memakan Semut Lengkap"