Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kucing Emas, Hewan Eksotis Keluarga Harimau

Pernahkah Anda mendengar hewan bernama kucing emas Kalau dibandingkan dengan kucing kampung, kucing ini berukuran lebih besar dan suaranya pun berbeda. Tak heran, warga awalnya mengira ini adalah anak harimau. 

Kucing Emas, Hewan Eksotis Keluarga Harimau

Sunarto, ahli ekologi satwa liar dari World Wildlife Fund (WWF), menjelaskan klasifikasi biologis kucing ini kepada Kompas.com. Menurut dia, spesies kucing emas bernama ilmiah Catopuma temminckii. Spesies ini masih satu famili dengan harimau, yaitu Felidae.

Kucing emas merupakan salah satu kucing hutan. Sunarto menyebut ada 9 jenis kucing hutan, antara lain harimau, macan tutul, macan dahan, dan kucing emas. "Untuk kucing emas, ukurannya sedikit lebih kecil dibanding macan dahan dan lebih besar dibanding kucing kampung. Perkiraan kasar saya ukurannya 60-80 sentimeter," kata Sunarto saat dihubungi Kompas.com melalui sambungan telepon, Rabu (14/3/2018).

 Kucing emas merupakan hewan liar yang bisa berburu. Jika keberadaannya terusik atau terganggu, sangat mungkin kucing dapat menyerang. Lembaga internasional untuk konservaasi alam (IUCN) yang fokus menangani hewan-hewan terancam punah menyatakan bahwa kucing emas statusnya Near Threatened atau rentan punah. 

Sunarto menjelaskan, meski secara global statusnya rentan punah tapi belum tentu status yang sama juga dinyatakan di Indonesia. Dalam beberapa kasus, ada hewan yang berstatus aman secara global tapi di Indonesia statusnya sudah terancam punah. "Jujur saja untuk kucing emas di Indonesia kami belum memiliki datanya," ujar Sunarto. Spesies yang habitatnya ada di hutan dan dataran tinggi ini menurut Sunarto tetap terancam. 

Salah satu buktinya saja, kita akrab dengan pemberitaan harimau tapi asing dengan kucing emas. Ada beberapa hal yang mengancam populasi kucing emas ini, yakni keberadaan hutan dan perburuan. Menurut Sunarto, kucing emas berbeda dengan kucing batu yang bisa hidup di perkebunan kelapa sawit dan semakin lama keberadaan hutan terancam.

"Kita belum pernah dengar kucing emas bisa hidup di (perkebunan) sawit. Hal ini yang perlu menjadi kekhawatiran," ujarnya. Baca juga : Kucing Juga Ada yang Kidal, Sains Membuktikannya Seperti diberitakan Kompas.com sebelumnya, staf Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh yang bernama Trisamitra menyebut bahwa kucing yang ditemukan di Aceh merupakan kucing emas. Hewan langka yang dilindungi dan sejenis harimau. 

Trisamitra menambahkan, rencananya satwa tersebut akan dilepasliarkan kembali di kawasan hutan konservasi. Namun, apabila kondisi fisiknya mengalami cedera seperti luka-luka, maka akan diberi perawatan atau dikarantinakan seebelum dilepasliarkan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com 

Posting Komentar untuk "Kucing Emas, Hewan Eksotis Keluarga Harimau"