Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Hewan Unik Laba-laba Berkepala Mirip Kelinci

Bumi kita masih menyimpan banyak misteri dan keunikan yang perlahan-lahan mulai terkuak oleh banyaknya penelitian atas nama ilmu pengetahuan. Seperti yang satu ini, sebuah hewan berkaki delapan yang memiliki kepala yang menyerupai KELINCI. 

Mengenal Hewan Unik Laba-laba Berkepala Mirip Kelinci

Adalah Ferris Jabr, penulis sains, yang membagikan gambar-gambar tersebut lewat Twitter yang diambil oleh ilmuwan dan fotografer Andreas Kay. Hewan ini adalah arakhnida, bukan laba-laba, yang disebut Opiliones atau harvestman, dan secara ilmiah disebut Metagryne bicolumnata. Dilansir dari IFl Science, gambar-gambar tersebut diambil di Ekuador pada bulan Juli tahun lalu. Makhluk ini memiliki ukuran tubuhnya kurang dari sebesar kuku ibu jari manusia.

 Akan tetapi, dia memiliki kepala yang mencolok dan terlihat seperti anjing atau kelinci, lengkap dengan telinga, mata, dan hidung. 

Dalam kiriman video tentang makhluk ini di situs Rumble, Kay mengungkapkan beberapa rincian lebih lanjut tentangnya. Ia berkata bahwa binatang berkaki delapan ini berasal dari keluarga Cosmetidae, dalam urutan Opiliones yang umumnya disebut sebagai harvestman. 

"Bertentangan dengan keyakinan umum, Harvestman tidak memiliki kelenjar racun dan sama sekali tidak berbahaya. Harvestman telah ada setidaknya selama 400 juta tahun dan hidup bahkan sebelum dinosaurus," ujar Kay. Meskipun bentuknya sangat mirip dengan laba-laba, namun Kay menyanggah bahwa ini termasuk dalam hewan tersebut. Menurut dia, hewan ini termasuk dalam kelas yang sama dengan Arachnida, tetapi tidak terkait erat dengan laba-laba.

Ia menambahkan bahwa makhluk ini pertama kali dikenalkan pada 1959 oleh ahli Arachnida asal Jerman, Carl Friedrich Roewer. Meski sudah hampir 60 tahun lalu hewan seperti ini pertama kali ditemukan, namun jenis ini belum dipelajari secara ekstensif, dan sangat sedikit studi yang diterbitkan tentang hewan ini. 

Hal tersebut pulalah yang menyebabkan sampai saat ini, belum dapat dijelaskan apa alasan dan tujuan bercak mata dan tonjolan seperti telinga yang menyerupai anjing itu. Asumsi dasar yang muncul adalah harvestman memiliki bentuk kepala yang menyerupai anjing untuk membuat makhluk itu terlihat lebih besar dan memudahkan mereka untuk berburu. Penemuan ini memang terbilang unik, namun bukan yang pertama. Pada bulan Januari tahun ini, para ilmuwan menemukan 18 spesies baru laba-laba pelikan yang tentu saja tampilannya secara fisik sangat terlihat seperti pelikan. Hal ini menandakan bahwa bumi kita masih menyimpan banyak hal yang belum terungkap. Bisa saja nanti kita menemukan hewan berkaki delapan yang menyerupai gajah? Siapa yang bisa katakan tidak.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Berkaki Delapan dan Berkepala seperti Anjing, Hewan Apakah Ini?", https://sains.kompas.com/read/2018/11/09/180800123/berkaki-delapan-dan-berkepala-seperti-anjing-hewan-apakah-ini-.

Posting Komentar untuk "Mengenal Hewan Unik Laba-laba Berkepala Mirip Kelinci"