Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Negara Tanpa Nyamuk di Dunia Itu Bernama Islandia

Islandia, yang secara resmi bernama Republik Islandia, adalah sebuah negara Nordik yang terletak di sebelah barat laut Eropa dan sebelah utara Samudera Atlantik, yang terdiri dari Pulau Islandia dan beberapa pulau kecil disekitarnya. Islandia terletak 300 kilometer di sebelah timur Greenland dan 1.000 kilometer dari Norwegia. Negara memiliki populasi sebanyak 332.529 penduduk dan luas 103.000 km persegi, menjadikannya negara dengan penduduk terjarang di Eropa. Ibu kota dan kota terbesar di negara ini adalah Reykjavík. Reykjavík dan sekitarnya adalah tempat tinggal bagi dua pertiga populasi.

Negara Tanpa Nyamuk di Dunia Itu Bernama Islandia

Islandia adalah pulau terbesar ke-18 di dunia, dan pulau kedua terbesar di Eropa setelah Inggris. Luas pulau utama sebesar 101.826 km persegi, tetapi luar seluruh negara Islandia adalah 103.000 km persegi, yang 62,7% merupakan tundra. Sekitar 30 pulau-pulau kecil berada di Islandia, termasuk Grímsey dan kepulauan Vestmannaeyjar. Danau dan gletser menutupi 14,3% dari permukaannya; hanya 23% yang bervegetasi. Danau terbesar adalah waduk Þórisvatn: 83–88 km persegi dan Þingvallavatn: 82 km persegi; danau penting lainnya termasuk Lagarfljot dan Mývatn. Jökulsárlón adalah danau terdalam, sedalami 248 meter.

Sekitar 1.300 spesies serangga terdapat di Islandia, angka yang rendah jika dibandingkan dengan negara-negara lain (lebih dari satu juta spesies telah ditemukan di seluruh dunia). Satu-satunya mamalia asli ketika manusia tiba adalah rubah Arktik. Terkadang, kelelawar terbawa ke pulau oleh angin, tetapi mereka tidak bisa berkembang biak di sana. Beruang kutub sesekali datang dari Greenland, tetapi mereka hanya mengunjung, dan tidak ada ada populasi di Islandia. Tidak ada reptil atau amfibi asli di Islandia.

Sekalipun di Islandia ada 1300 jenis serangga, tapi nyamuk nggak masuk ke dalam daftar. Penyebabnya sudah jelas, karena negara ini dibalut dengan suhu rendah yang mencapai -38 derajat celsius, yang di mana air gampang beku sehingga nyamuk nggak bisa meletakan jentiknya.

Di Islandia pun nggak ada genangan air yang memenuhi "syarat" untuk nyamuk bisa tumbuh dan kembang. Alasan lainnya juga karena komposisi kimia di air Islandia dan ekosistem alam yang nggak menopang kehidupan nyamuk.

Satu-satunya nyamuk yang ada di Islandia hanyalah hanyalah nyamuk dalam toples di Laboratorium Institute of Natural History Islandia yang ditangkap pada pada 1980-an oleh Gilsi Mar Gislason.

Sumber: 

https://id.wikipedia.org/wiki/Islandia

https://hai.grid.id/read/072086994/bikin-pengen-pindah-di-negara-ini-nggak-ada-nyamuk-satupun-lho

Posting Komentar untuk "Negara Tanpa Nyamuk di Dunia Itu Bernama Islandia"