Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alasan Jangkrik Mengeluarkan Bunyi

Jangkrik, adalah serangga yang berkerabat dekat dengan belalang, memiliki tubuh kecil silindris, kepala hampir bulat dan sungut panjang seperti benang. Jangkrik adalah omnivora, dikenal dengan suaranya yang khas, yang dihasilkan oleh cengkerik jantan. Suara ini digunakan untuk menarik kedatangan betina dan mengusir kehadiran jantan lainnya. Suara cengkerik ini semakin keras dengan naiknya suhu sekitar. Di dunia dikenal sekitar 900 spesies cengkerik, termasuk di dalamnya adalah gangsir.

Alasan Jangkrik Mengeluarkan Bunyi

Jangkrik telah dipelihara manusia sejak lama, dan di Asia dianggap sebagai pembawa keberuntungan. Laga cengkerik adalah sejenis permainan yang populer dan kerap kali melibatkan taruhan. Di Caraguatatuba, Brasil, cengkerik hitam di dalam ruangan dipercaya sebagai tanda datangnya penyakit, cengkerik hijau harapan, dan cengkerik kelabu uang. Dalam komedi, suara cengkerik biasanya digunakan untuk menandakan lawakan yang tidak lucu dan tidak membuat orang tertawa.

Pada saat musim kemarau tiba, suara jangkrik di sawah akan terdengar jelas. Untuk mengelurkan suara itu, jangkrik harus mengangkat sayap depan mereka dan menggeseknya satu sama lain. Suara itu biasanya dikeluarkan oleh jangkrik untuk melakukan tiga hal.

1. Menjaga wilayahnya

Beberapa hewan menandai wilayah kekuasaannya dengan air pipis mereka. Lalu, ada juga hewan yang menandai daerah kekuasaannya dengan mencakar pohon. Jangkrik, menandai wilayah kekuasaannya dengan suara. Unik, kan? Oiya, jangkrik yang mengelurkan suara hanya jangkrik jantan. Jangkrik betina tidak mengeluarkan suara

2. Mencari pasangan

Selain digunakan untuk menjaga wilayah, jangkrik jantan juga menggunakan suaranya untuk mencari pasangan. Saat mencari pasangan, jangkrik jantan akan mengeluarkan suara yang khas. Jadi, suara yang dikeluarkan saat melindungi wilayah dengan suara untuk mencari pasangan bunyinya berbeda, ya.

3. Bertarung

Jangkrik jantan juga mengeluarkan suaranya saat bertarung, lo. Saat bertarung, jangrik jantan akan membunyikan suara khusus dan saling menubrukkan kepalanya. Pertarungan itu akan berakhir jika salah satu jangkrik jantan menyerah dan pergi. Oiya, jangkrik jantan yang sudah menyerah akan menghentikan suaranya.

Sumber:

https://id.wikipedia.org/wiki/Jangkrik

https://bobo.grid.id/read/08674195/3-alasan-mengapa-jangkrik-mengerik

Posting Komentar untuk "Alasan Jangkrik Mengeluarkan Bunyi"