Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Hewan Chordata, Ciri-Ciri, dan Contohnya

Chordata merupakan hewan yang memiliki kerangka tubuh di bagian punggung.Termasuk vertebrata dan beberapa binatang yang mirip invertebrata yang memiliki ciri-ciri yang serupa. Kerangka tersebut berupa Notokord/Korda Dorsalis, yakni kerangka yang berbentuk batangan keras tetapi lentur. Notokord terletak di antara saluran pencernaan dan tali saraf, memanjang sepanjang tubuh membentuk sumbu kerangka. Ketika dewasa, tulang punggung akan membentuk sumbu kerangka menggantikan notokord. Tulang punggung berfungsi sebagai penyokong tubuh serta melindungi tali saraf. Selain itu ada pula tali saraf dorsal berongga, celah faring (pharyngeal slits), endostyle, dan ekor berotot.

Pengertian Hewan Chordata, Ciri-Ciri, dan Contohnya

 Ciri-ciri Hewan chordata sebagai berikut:
  1. Memiliki notokord yaitu kerangka berbentuk batangan keras tetapi lentur. Notokord terletak diantara saluran pencernaan dan tali saraf, berbentuk memanjang sepanjang tubuh membentuk sumbu kerangka.
  2. Memiliki tali saraf tunggal yang berlubang terletak dorsal terhadap notokord dan memiliki ujung anterior yang membesar berupa otak.
  3. Memiliki ekor yang memanjang ke arah posterior terhadap anus.
  4. Memiliki celah faring. Faring adalah bagian dari tenggorokan dibelakang mulut. Dalam ikan celah dimodifikasi ke bentuk insang.
  5. Sebuah endostyle
Vertebrata merupakan kelompok hewan yang memiliki tulang belakang. Dalam sistem klasifikasi, vertebrata merupakan subfilum dari filum Chordata. Chordata terbagi menjadi empat subfilum: Vertebrata, Urochordata, Cephalochordata, dan Hemichordata. Urochordata dan Cephalochordata tergolong invertebrata.

Semua hewan yang tergolong vertebrata memiliki rangkaian tulang kecil (vertebra) yang memanjang pada bagian dorsal dari kepala hingga ekor. Rangkaian vertebra yang disebut tulang punggung ini membentuk sumbu kerangka menggantikan notokord. Tulang punggung berfungsi sebagai penyokong tubuh serta melindungi tali saraf.

Vertebrata merupakan istilah yang berasal dari bagian notokorda yang diganti dengan ruas-ruas kartilago atau tulang yang disebut vertebra. Vertebrata biasa disebut dengan hewan bertulang punggung. Vertebrata merupakan kelompok hewan yang memiliki rahang dua pasang (kecuali Agnatha), memiliki sepasang mata, dan juga memiliki sepasang telinga. Penutup tubuh anggota vertebrata bermacam-macam, dari penutup tubuh berupa kulit bersisik, berlendir, bersisik keras dan kering, berbulu, sampai dengan kulit tertutup rambut. Kesamaan ciri lain pada Vertebrata antara lain adalah :
  • Tubuh terdiri atas kepala, badan, dua pasang anggota badan, dan ekor pada sebagian vertebrata
  • Kulit tersusun atas 2 bagian yakni epidermis dan dermis dan menghasilkan rambut, sisik, bulu, kelenjar, atau horn
  • Endoskeleton tersusun dari tulang atau tulang rawan
  • Faring bercelah, yang merupakan tempat insang pada ikan namun pada hewan darat hanya terdapat pada tingkat embrio
  • Otot melekat pada endoskeleton
  • System pencernaan memiliki kelenjar pencernaan, hati, dan pancreas
  • Jantung beruang 2 hingga 4
  • Darah mengandung sel darah putih dan sel darah merah berhemoglobin
  • Rongga tubuh mengandung system visceral
  • Ginjal sepasang dengan salurannya untuk mengeluarkan zat sisa
  • Gonad sepasang pada betina dan jantan
Contoh Hewan Chordata
  1. Ular
  2. Hiu
  3. Kadal
  4. Ayam
  5. Harimau
  6. Burung
  7. Ikan

Posting Komentar untuk "Pengertian Hewan Chordata, Ciri-Ciri, dan Contohnya"