Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Panda Merah, Hewan Imut yang Mirip Rakun

Panda merah atau dalam nama ilmiahnya Ailurus fulgens adalah sejenis binatang menyusui di dalam ordo Carnivora. Ukuran panda merah hampir sama dengan ukuran tubuh kucing rumahan. Sesuai namanya, Panda Merah memiliki bulu tebal berwarna merah kecoklatan dan berkaki hitam. Mukanya berbentuk bulat berwarna putih dengan garis merah kecoklatan dari mata ke mulutnya.

Mengenal Panda Merah, Hewan Imut yang Mirip Rakun

 Ekornya panjang dengan dua belas cincin merah dan coklat-muda berselang-seling. Panda merah menggunakan ekornya yang tebal dan berbulu ini untuk menghangatkan badannya saat tidur, persis seperti memakai selimut. Tapak kakinya ditutupi oleh bulu berwarna putih, yang berguna untuk menjaga kehangatan tubuh serta untuk berjalan di atas permukaan salju atau es. 

Spesies Panda Merah pertama kali dideskripsikan ke dunia pengetahuan pada tahun 1825. Klasifikasi taksonomi panda merah sudah lama menimbulkan kontroversi.Para ahli awalnya sempat bingung panda merah itu termasuk hewan apa. Panda merah sebenarnya lebih dulu ditemukan daripada panda. Hewan mirip rakun ini ditemukan pada tahun 1820-an, dan saat itu ia hanya diberi nama panda.

Kira-kira 40 tahun kemudian, di dataran China ditemukan hewan mirip beruang yang berwarna hitam putih, dan hewan itu disebut beruang hitam putih. Tapi kemudian para ahli menemukan kemiripan antara panda dengan beruang hitam putih, sehingga diputuskan bahwa keduanya hewan yang berkerabat.

Beruang hitam putih pun diberi nama baru, yaitu panda. Sedangkan si hewan mirip rakun yang tadinya bernama panda lalu disebut panda merah. Tapi kebingungan belum berakhir. Panda merah sempat dikira bagian dari keluarga beruang. Pernah juga ia dikira sebagai keluarga rakun.

Singkat cerita, setelah semua kebingungan tersebut, saat ini para ahli sudah sepakat bahwa panda sebenarnya memang adalah keluarga beruang. Sedangkan panda merah bukan merupakan beruang atau rakun. Ia adalah hewan unik dengan genus tersendiri. Maka panda dan panda merah sebenarnya sama sekali tidak berhubungan.

Jadi kesimpulannya, panda hitam putih yang terkenal itu sebenarnya adalah beruang. Sedangkan panda merah adalah panda yang sejati.


Daerah sebaran panda merah adalah di Asia Tengah. Spesies ini ditemukan di hutan pegunungan Himalaya, Bhutan, Republik Rakyat Tiongkok, India, Laos, Myanmar dan Nepal.

Panda merah aktif pada waktu pagi dan senja. Di siang hari, mereka tidur dan beristirahat di dahan pohon. Walaupun memiliki sistem pencernaan hewan karnivora, panda merah memiliki kebiasaan seperti hewan herbivora. Makanan utamanya adalah bambu, dan termasuk aneka buah, akar-akaran, rumput, beri dan tumbuh-tumbuhan lainnya. Untuk tambahan gizi, panda merah juga memakan telur, anak burung, serangga dan hewan-hewan kecil.



Panda merah ternyata punya kelakuan yang lucu persis seperti kucing, mereka senang memanjat pohon, bermain, dan bergulingan kesana kemari.

Panda merah umumnya pendiam dan jarang mengeluarkan suara. Tapi sekalinya mereka bersuara, kamu pasti bakal makin heran. Ternyata suara panda merah itu mirip burung lho. Ya, suara mereka mirip kicauan dan siulan burung! 


Panda merah betina biasanya melahirkan dua ekor anak panda. Anak-anak panda ini buta waktu dilahirkan, dan mulai dapat melihat setelah berumur tiga minggu. Jantan dewasa tidak berperan dalam membesarkan anak panda. Panda merah jantan adalah hewan teritorial, mereka menandai daerahnya dengan menggesekan kantung hormon mereka di benda-benda yang terdapat di alam liar.

Berdasarkan dari hilangnya habitat hutan dan penangkapan liar yang terus berlanjut untuk perdagangan dan untuk diambil bulunya, serta daerah dan populasi di mana spesies ini ditemukan terbatas, panda merah dievaluasikan sebagai Terancam Punah di dalam IUCN Red List. Spesies ini didaftarkan dalam CITES Appendix I. 


Sumber:
wikipedia
idntimes

Posting Komentar untuk "Mengenal Panda Merah, Hewan Imut yang Mirip Rakun"