Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Kuda Poni, Jenis Kuda Terkecil di dunia

Kuda Poni adalah kuda kecil. Bergantung pada konteksnya, kuda poni mungkin adalah kuda yang berada di bawah perkiraan atau ketinggian sebenarnya dari kuda biasa atau kuda kecil dengan konformasi dan temperamen tertentu. 

Mengenal Kuda Poni, Jenis Kuda Terkecil di dunia

Ada banyak jenis kuda poni yang berbeda. Dibandingkan dengan kuda lain, kuda poni sering menunjukkan surai yang lebih tebal, ekor dan badan yang lebih lebat, serta kaki yang lebih pendek secara proporsional, laras badan yang lebih lebar, leher yang lebih tebal, dan kepala yang lebih pendek dengan dahi yang lebih lebar. 

Kata kuda poni berasal dari bahasa Prancis kuno yaitu Poulenet, yang berarti seekor kuda muda yang belum dewasa, tetapi ini bukan makna modern. Tidak seperti anak kuda, kuda poni tetap kecil saat dewasa. Kadang-kadang, orang yang tidak terbiasa dengan kuda dapat kebingungan dalam membedakan antara kuda poni dewasa dengan anak kuda. 

Banyak yang percaya bahwa kuda poni hanyalah kuda muda yang belum tumbuh dewasa. Namun, kenyataannya, kuda dan poni bukanlah tahap perkembangan seekor kuda. Melainkan jenis hewan yang berbeda.  Meski terlihat sangat mirip, kuda poni akan tetap kecil walaupun sudah tumbuh dewasa.

Perbedaan antara kuda dan kuda poni adalah tinggi. Seekor kuda biasanya dianggap sebagai kuda yang setidaknya kurang lebih mencapai 1,2 meter. Sedangkan kuda poni kurang dari 1,2 meter. Ini bukan aturan yang pasti. Ada kuda biasa yang tingginya kurang dari 1,2 meter, dan ada kuda yang lebih tinggi dari 1,2 meter.

Mengapa? Jawabannya adalah kuda biasa dan kuda poni berbeda dalam hal-hal penting lainnya selain ketinggiannya. Bibit kuda poni, selain lebih pendek dari kuda biasa juga memiliki karakteristik lain yang membuatnya berbeda dari ras kuda.


Kuda poni dan kuda biasa memiliki memiliki perbedaan dalam struktur tulang, otot, dan proporsi tubuh mereka secara keseluruhan. Misalnya, kuda poni cenderung kekar dan kuat untuk ukurannya daripada kuda biasa. Mereka lebih toleran terhadap cuaca dingin dan memiliki daya tahan yang baik. Kuda poni juga cenderung sangat cerdas. Dari sudut pandang manusia, ini berarti kuda poni mungkin lebih sedikit sulit diatur daripada kuda.

Secara fisik, kuda poni biasanya memiliki bulu yang lebih tebal yang membantu melindungi mereka dari hawa dingin. Mereka memiliki kaki yang lebih pendek dan dada yang lebih lebar, serta tulang yang lebih berat, leher lebih tebal dan kepala lebih pendek.


Sumber: 
Wikipedia
bobo

Posting Komentar untuk "Mengenal Kuda Poni, Jenis Kuda Terkecil di dunia"