Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kandungan Gizi dan Manfaat Sarang Burung Walet bagi Manusia

Sarang burung walet, salah satu produk hewani paling mahal yang dikonsumsi manusia, adalah bahan yang juga digunakan dalam pengobatan tradisional Cina dan pengobatan tradisional Vietnam,” tulis Christopher W. Runckel di situs Business in Asia.


Kandungan Gizi dan Manfaat Sarang Burung Walet bagi Manusia
Mantan diplomat senior AS untuk negara-negara Asia itu juga menyebut sarang walet—yang sudah dikenal dalam tradisi kuliner Cina lebih dari satu milenium lalu—punya fungsi meningkatkan reproduksi dan regenerasi sel tubuh manusia. “Ia juga membantu mengembangkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan metabolisme,” sambung Runckel, mengutip temuan penelitian medis dari Chinese Hong Kong University.

Meski dikenal sebagai salah satu kuliner khas Cina, negara itu mendapatkan pasokan sarang burung walet justru dari Asia Tenggara. Menurut Yun-Cheung Kong, profesor biokimia di Chinese Hong Kong University, sarang walet yang berasal dari Asia Tenggara pertama kali diperdagangkan di Cina sejak masa Dinasti Tang (618–907 M).

Lalu dalam kurun 1405-1433, Laksamana Zheng He, di Indonesia lebih populer sebagai Cheng Ho, menjalin hubungan dagang dengan banyak kerajaan di Asia Tenggara. Salah satu barang dagangan mahal kala itu adalah sarang burung walet. Saat ini Indonesia adalah pengekspor sarang walet terbesar di dunia, mengirimkan sekitar 2.000 ton tiap tahunnya. Negara pengimpor terbesar sarang burung walet ini, tak lain tak bukan adalah Cina.


 Kandungan Gizi dan Manfaat Sarang Burung Walet bagi Manusia

Sarang walet merupakan komoditas yang mahal. Tapi mahalnya sarang walet juga setara dengan nilai manfaat yang terkandung di dalamnya. Makanya usaha sarang walet begitu menjanjikan.

Ternyata sarang walet yang dihasilkan dari liur burung walet ini, memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan, karena nilai guna dan mamfaatnya yang tinggi pula sarang walet menjadi salah satu komoditas ekpor, komoditas yang sangat diminati di luar negeri.

Kembali ke pertanyaan, apa saja manfaat sarang walet? Sarang walet kaya gizi, mengandung asam amino penting, seperti asam aspartate dan prolin, serta tirosin yang baik untuk penyembuhan karena membantu proses regenarasi sel. Beberapa asam amino penting itu tidak bisa diproduksi secara mandiri dalam tubuh, perlu diperoleh dari sumber makanan, dan sarang walet yang mampu menyediakan hal itu.

Selain itu sarang walet juga mengandung sistein dan fenilalanin, keduanya sangat bermanfaat untuk meningkatkan kerja memori. Lalu ada lagi glukasomin yang sangat baik untuk membantu penyembuhan tulang rawan.

Itu sajakah? Ada lagi. Sarang walet bisa mencegah resistensi insulin, sehingga sangat bermanfaat untuk para pendirita penyakit diabetes. Dan, sarang walet bisa menjaga metabolisme tubuh dalam memecah lemak.

Mengosumsi sarang walet juga bermanfaat untuk mencegah pengetalan darah atau hiperkoagulasi sebagai akibat dari kolesterol tinggi. Hiperkoagulasi ini merupakan penyebab terjadinya penyakit jantung atau kardiovaskular, jadi sarang walet bisa mencegah itu.

Ada lagi manfaatnya? Masih ada, sarang walet merupakan sumber mineral terbaik, mengandung banyak mineral yang dibutuhkan tubuh, yang bisa meningkatan daya tahan tubuh dan kesehatan jantung dan kesehatan tulang, sendi sel, serta bisa mengoptimalkan serapan nutrisi dalam tubuh.

Oya, ada satu lagi, sarang walet juga kaya akan antioksidan yang sangat bermanfaat untuk melawan efek radikal bebas. Dan…dan.. dan ternyata sarang walet juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan gairah pada tubuh. Makanya dengan ragam manfaat tersebut harga sarang walet sangat mahal.


Sumber:
Tirto
Quora

Posting Komentar untuk "Kandungan Gizi dan Manfaat Sarang Burung Walet bagi Manusia"