Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jerapah Ternyata Hewan yang Paling Susah Tidur

Jerapah adalah mamalia berkuku genap endemik Afrika dan merupakan spesies hewan tertinggi yang hidup di darat. Jerapah jantan dapat mencapai tinggi 4,8 sampai 5,5 meter dan memiliki berat yang dapat mencapai 1.360 kilogram. Jerapah betina biasanya sedikit lebih pendek dan lebih ringan.

Jerapah berkerabat dengan rusa dan sapi tetapi dari suku yang berbeda, yaitu Giraffidae yang mencakup jerapah sendiri dan kerabat terdekatnya, okapi. Habitat aslinya mencakup area dari Chad sampai dengan Afrika Selatan



Jerapah Ternyata Hewan yang Paling Susah Tidur

Jerapah adalah hewan yang paling susah tidur. Hidup bebas di belantara alam liar, pasti banyak juga predator yang mengincar dia sebagai makanan. Kalau seharian tidur, bisa-bisa bangun sudah di alam baka, mengingat ukuran tubuh, sehingga responsif gerakan dalam waktu singkat tidak selincah hewan lain dengan ukuran tubuh kecil. Enak enak tidur bisa saja diterkam harimau.

Hidup yang jauh dari zona nyaman dan aman ini memaksa dia tidur seharian bisa cuman setengah jam. Kebiasaan tegang kali ya tidur aja nggak enak. Tapi ketegangan ini juga merambat ke kebiasaan yang lain. Mereka juga minum cuman beberapa hari sekali.

Emangnya nggak haus apa? Haus sih iya, cuman secara biologi dan takdir Tuhan, mereka nggak butuh sering kali minum dalam sehari. Perlu saya ingatkan lehernya kan panjang? Ketika dia mau minum, berarti memposisikan tubuhnya dengan posisi tertentu, rawan lemah terhadap predator, udah fokus berkurang, pandangan terbagi ke objek air yang ingin dia minum.

dan jika untuk minum saja sesulit itu, lalu bagaimana cara jerapah tidur dengan kaki sepanjang itu?

Dominan tidur mereka dalam keadaan berdiri. Beberapa tidur dengan mata setengah terbuka atau hanya menutup salah satu mata. Tapi kalau posisi tidur yang tidak berdiri juga ada, pakar barat menyebutnya dengan "nap-position", biasanya menaruh kepala mereka di atas pantat mereka karena inilah bantal terbaik. Empuk dan milik sendiri.





Jerapah Ternyata Hewan yang Paling Susah Tidur

Tapi seakan-akan memang sudah digariskan oleh Tuhan mempunyai kehidupan yang demikian ribet, posisi yang sepertinya enak banget ini cuman mereka lakukan hanya beberapa menit saja. Karena predator itu tadi. Ketegangan kemudian menjadi kebiasaan hidup. Posisi seperti menemukan tempat untuk buat kepala itu hanya sekitar 5 sampai 7 menit saja! Kasian.

Jikalau pada beberapa penelitian pakar biologi, hewan di Afrika seperti singa bisa menghabiskan tidur dalam sehari semalam antara 20 jam. Untuk jerapah karena kebiasaan mulai lahir, tantangan habitat dan jam biologisnya, untuk jerapah dewasa dalam sehari semalaman bisa membutuhkan tidur hanya setengah jam. What????? Kaget kan?


Sumber:
Quora

Posting Komentar untuk "Jerapah Ternyata Hewan yang Paling Susah Tidur"