Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alasan Zebra Tidak Ditunggangi seperti Kuda

Zebra adalah binatang dari famili kuda yang tubuhnya berbelang-belang hitam dan putih. Habitat hewan ini tersebar di Afrika Selatan, Afrika Barat, dan Afrika Timur. Ada tiga jenis zebra yaitu zebra gunung (Equus zebra), zebra dataran (Equus quagga) dan zebra primitif (Equus grevyi).

Alasan Zebra Tidak Ditunggangi seperti Kuda

Belang-belang pada tubuh zebra dapat membantu sistem pertahanan zebra terhadap predator. Belang zebra dapat membingungkan predator. Zebra memiliki "warna disruptif" seperti beberapa katak pohon dan ular belang. Belang pada tubuh zebra memecah kontur rata hewan, menyamarkan bentuk asli zebra. Ketika zebra bergerak, pola itu lebih membingungkan lagi.

Berbeda dengan kuda polos biasa. Para ilmuwan berpendapat bahwa belang pada zebra terjadi karena evolusi, baik variasi maupun seleksi alam. Zebra betina melahirkan 1 anak, yang hampir langsung dapat berdiri dan berlari sekitar 1 jam setelah dilahirkan.Zebra adalah keluarga kuda. Perawakannya tidak berbeda dengan kuda pada umumnya. Zebra sangat mudah dibedakan dari jenis kuda lainnya dari corak warna kulitnya yang belang hitam putih. Meskipun sepintas terlihat sama, tiap zebra memiliki corak belang yang berbeda satu sama lain layaknya sidik jari pada manusia.

Alasan Zebra Tidak Ditunggangi seperti Kuda

Menjinakkan zebra dan menungganginya adalah hal yang tidak menguntungkan. Mereka mempunyai sifat tidak bisa diprediksi dan diketahui cenderung menyerang manusia. Untuk membuat seekor hewan menjadi jinak dan dapat dimanfaatkan, harus memenuhi beberapa kriteria tertentu. 

Sebagai contoh mereka harus punya perilaku yg “nurut” dan tidak panik apabila mengalami tekanan dalam skala tertentu. Perilaku Zebra yang tdk dapat diprediksi membuat mereka tidak masuk kriteria tersebut. 

Menjinakkan zebra tidak semudah menjinakkan kuda ternyata karena zebra melihat manusia sebagai predator mereka, nih. Zebra lebih terbiasa dengan kehadiran manusia.

Hal ini berbeda dengan kuda liar yang tidak pernah dekat dengan manusia saat pertama kali dijinakkan. Nah, manusia gua dulunya sering menjadikan zebra sebagai hewan buruan, yang kemudian membuat zebra merasa manusia adalah ancaman.

Akibatnya, zebra merasa ia harus melindungi dirinya dari manusia, sama seperti saat mereka melindungi diri dari hewan seperti singa, citah, dan hyena. Zebra kemudian mengembangkan naluri dan refleks bertahan dari serangan predator hingga menimbulkan kecenderungan baru. Kecenderungan ini menjadikan zebra memiliki tempramen yang lebih agresif saat berhadapan dengan hal yang mereka anggap sebagai ancaman

Usaha menjinakkan Zebra selalu gagal, ada orang2 berhasil memelihara hingga menggabungkan dengan spesies lainnya! Contoh umum gabungan dari Zebra adalah Zorse (Zebra + Horse) dan Zonkey (Zebra + Donkey).

Berbicara ukuran tubuh, Zebra pun tidak mempunyai keuntungan apabila dibandingkan dengan Kuda. Secara umum Kuda mempunyai ukuran tubuh yang lebih besar. Hal itu diimbangi dengan kekuatan yang besar dan perilaku yang baik. Kesimpulannya, menjinakkan Zebra adalah hal yang kurang menguntungkan karena selain susah dijinakkan, tenaga mereka pun tidak sekuat saudaranya (Kuda) dengan tendensi perilaku Zebra yang tidak dapat diprediksi.


Sumber:
Wikipedia
Bobo
Quora

Posting Komentar untuk "Alasan Zebra Tidak Ditunggangi seperti Kuda"