Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Kucing Gurun yang Lucu

Kucing pasir atau kucing gurun adalah kucing liar kecil yang hidup di gurun Afrika Utara dan Asia Barat Daya. Mereka adalah salah satu spesies kucing liar terkecil dan satu-satunya kucing liar yang hidup di padang pasir. 


Mengenal Kucing Gurun yang Lucu

Mereka memiliki kaki berbulu tebal untuk membantu mereka beradaptasi dengan iklim ekstrem yang dingin dan panas. Mereka adalah makhluk soliter, memakan makanan hewan pengerat kecil dan dapat berlari hingga kecepatan 40kn / jam (mirip dengan kucing rumahan).

Mereka memiliki ukuran yang hampir sama dengan kucing domestik, tetapi memiliki ekor dan kaki lebih panjang, dan kepala yang lebih kecil.

Pada tahun 2002 IUCN (International Union For Conservation Of Nature) menyatakan kucing pasir termasuk hewan yang terancam punah. Penurunan populasi kucing ini diakibatkan oleh pemburuan dan banyak di jebak oleh manusia karena di perjual belikan secara ilegal, untuk di jadikan hewan peliharaan.

Kucing gurun juga diburu oleh serigala, karakal dan anjing pemburu yang dimiliki oleh penduduk manusia yang tinggal di sekitar padang pasir. perubahan kondisi cuaca yang ektrem juga menyebabkan hilangnya vegetasi dan kekeringan. Ini menempatkan populasi kucing pasir di bawah ancaman.

Namun, alasan utama jatuhnya populasi kucing pasir dapat dikaitkan dengan faktor manusia seperti hilangnya habitat melalui pemukiman manusia, ternak yang hidup merumput serta diburu dan ditangkap secara ilegal oleh orang-orang untuk disimpan sebagai hewan peliharaan.

Sumber: Quora

Posting Komentar untuk "Mengenal Kucing Gurun yang Lucu"