Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kecoa dan Fakta Uniknya yang Luar Biasa

Kecoa, lipas, atau coro adalah serangga dari ordo Blattodea yang kurang lebih terdiri dari 3.500 spesies dalam 6 famili. Kecoak terdapat hampir di seluruh belahan bumi, kecuali di wilayah kutub.

Kecoa dan Fakta Uniknya yang Luar Biasa

Kecoa memiliki bentuk tubuh oval, pipih dorso-ventral. Kepalanya tersembunyi di bawah pronotum, dilengkapi dengan sepasang mata majemuk dan satu mata tunggal, antena panjang, sayap dua pasang, dan tiga pasang kaki. Pronotum dan sayap licin, tidak berambut dan tidak bersisik, berwarna coklat sampai coklat tua.

Kecoa adalah serangga dengan metamorfosa tidak lengkap, hanya melalui tiga stadia (tingkatan), yaitu stadium telur, stadium nimfa dan stadium dewasa yang dapat dibedakan jenis jantan dan betinanya. Nimfa biasanya menyerupai yang dewasa, kecuali ukurannya, sedangkan sayap dan alat genitalnya dalam taraf perkembangan.

Banyak spesies kecoa di seluruh dunia, beberapa diantaranya berada di dalam rumah dan sering didapatkan di restoran, hotel, rumah sakit, gudang, kantor dan perpustakaan.

Kecoa kebanyakan terdapat di daerah tropika yang kemudian menyebar ke daerah sub tropika atau sampai kedaerah dingin. Pada umumnya tinggal didalam rumah-rumah makan segala macam bahan, mengotori makanan manusia, berbau tidak sedap. Kebanyakan kecoa dapat terbang, tetapi mereka tergolong pelari cepat (“ cursorial“), dapat bergerak cepat, aktif pada malam hari, metamorfosa tidak lengkap, Kerusakan yang ditimbulkan oleh kecoa relatif sedikit, tetapi adanya kecoa menunjukkan bahwa sanitasi didalam rumah bersangkutan kurang baik.

Hubungan kecoa dengan berbagai penyakit belum jelas, tetapi menimbulkan gangguan yang cukup serius, karena dapat merusak pakaian, buku-buku dan mencemari makanan. Kemungkinan dapat menularkan penyakit secara mekanik karena pernah ditemukan telur cacing, protozoa, virus dan jamur yang patogen pada tubuh kecoa.

Fakta Unik Kecoa

1. KECOA MEMILIKI KEMAMPUAN ADAPTASI YANG LUAR BIASA
Mari kita Mencoba memebahasnya kecoa memiliki kelebihan dibanding hewan-hewan yang lain. Menurut sebuah penelitian kecowa ternyata sudah ada sejak 300 juta tahun silam. Adanya kecoa hari ini kita sudah bisa menandakan bahwasanya kemampuan adaptasi kecoa ini sangat tinggi.

Sehingga bisa menyesuaikan lingkungan yang terjadi baik secara ekstream dari dulu hingga sekarang. Memang sih jarang orang yang mengetahui hal tersebut sebab kalau kita membayangkan 300 juta tahun silam pasti di benak Anda adalah dinosaurus.

2. KECOA BERADA HAMPIR DISELURUH BELAHAN BUMI
Hampir diseluruh belahan bumi ada kecoa kecuali ada beberapa wilayah yang tidak bisa digunakan tempat hidup oleh para kecoa. Seperti di daerah kutub. Jika mereka hidup di sana pastinya akan membeku menjadi es. Jika ingin hidupdisana mungkin harus memiliki matel bulu yang tebal ya kecoanya.

3. KECOA MERUPAKAN HEWAN SERANGGA YANG LINCAH DAN CERDAS
Predikat ini bisa disematkan pada kecoa sebab hewan ini memiliki sistem saraf dan motorik sistem geraknya sangat. Dilain sisi Kecoa memiliki kecepatan reaksi yang cukup bagus dibanding yang lain contohnya pada saat mereka ingin meloloskan diri merekapun memiliki pertahanan diri jika menempel pada barang memiliki cengkraman yang cukup kuat dan berlari dengan cepat barang tersebut.

Mereka pun saat badannya terbalik pura-pura mati, jika ada yang menyentuhnya langsung bisa membalikkan badannya dan kabur. Namun jika terbalik tidak ada pegangan kecoak tersebut tidak bisa berkutik, itu salah satu kelemahannya. Lihat juga Festival Makan Serangga Satu Hari di Amerika.

4. KECEPATAN REAKSI DAN RANGSANGAN YANG SANGAT PEKA
Kecoa memiliki sistem dan saraf mampu mendeteksi getaran di daerah sekitarnya. Menurut penelitian mampu mendeteksi dalam waktu 15 sampai 20 milidetik. Jadi lebih cepat dengan kedipan mata manusia. Dengan kecepatan tersebutlah kecoa bisa mempertahankan diri dan bisa hidup berlangsung hingga saat ini.

Beberapa hal yang menarik yaitu ada dua sistem sensorik dan motorik pada kecoa terpisah dan indepeden. Sehingga kecoa pada saat kepalangan terpotong masih bisa hidup hngga beberapa hari.

Diapun akan mati karena tidak bisa makan. Jadi kebanyakan kecoak pada kasus ini mati karena tidak ada makanan yang masuk keperutnya hingga terjadi kematian pada kecoa.

5. KECOA SANGAT MENYUKAI TEMPAT YANG KOTOR
Fakta yang terakhir ini merupakan hal yang sudah diketahui banyak orang. Kecak merupakan salah satu jenis serangga yang siklus hidup dengan metamorfosis tidak sempurna. Kecoa yang sangat suka terhadap tempat-tempat yang keluar juga berbau.

Mereka panaklukan memiliki populasi yang bagus di tempat tersebut. Jadi jika Anda menjumpai kecoa maka pastinya ada bagian tubuh anda yang kau telah. Jadi hanya bisa menjadi indikasi Jika Anda kecewa maka perhatikan tempat membangun kota di daerah anda maka segera bersihkanlah.

Sumber:

Posting Komentar untuk "Kecoa dan Fakta Uniknya yang Luar Biasa"