Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam Macam Hormon yang Ada Pada hewan dan manusia Serta Fungsinya

Hormon adalah pembawa pesan kimiawi antar sel atau antarkelompok sel. Semua organisme multiselular, termasuk tumbuhan (lihat artikel hormon tumbuhan), memproduksi hormon.

Macam Macam Hormon yang Ada Pada hewan dan manusia Serta Fungsinya


Hormon beredar di dalam sirkulasi darah dan fluida sel untuk mencari sel target. Ketika hormon menemukan sel target, hormon akan mengikat protein reseptor tertentu pada permukaan sel tersebut dan mengirimkan sinyal. Reseptor protein akan menerima sinyal tersebut dan bereaksi baik dengan memengaruhi ekspresi genetik sel atau mengubah aktivitas protein seluler,[termasuk di antaranya adalah perangsangan atau penghambatan pertumbuhan serta apoptosis (kematian sel terprogram), pengaktifan atau penonaktifan sistem kekebalan, pengaturan metabolisme dan persiapan aktivitas baru (misalnya terbang, kawin, dan perawatan anak), atau fase kehidupan (misalnya pubertas dan menopause). Pada banyak kasus, satu hormon dapat mengatur produksi dan pelepasan hormon lainnya. Hormon juga mengatur siklus reproduksi pada hampir semua organisme multiselular.


Pada hewan, hormon yang paling dikenal adalah hormon yang diproduksi oleh kelenjar endokrin vertebrata. Walaupun demikian, hormon dihasilkan oleh hampir semua sistem organ dan jenis jaringan pada tubuh hewan. Molekul hormon dilepaskan langsung ke aliran darah, walaupun ada juga jenis hormon - yang disebut ektohormon (ectohormone) - yang tidak langsung dialirkan ke aliran darah, melainkan melalui sirkulasi atau difusi ke sel target.

Contoh hormon hewan : 

1. Coelenterata 
neuropeptida : merangsang terjadinya pertumbuhan, regenerasi, dan reproduksi. 

2. Arthropoda 
hormon otak : memicu sekresi hormon ekdison n hormon juvenil. 
hormon ekdison : berfungsi pada pengaturan proses pergantian kulit (ekdisis). 
hormon juvenil : menghambat proses metamorfosis. 

Ketiga hormon tersebut berfungsi untuk mengatur proses metamorfosis. 

3. Crustaseae 
hormon ekdisteroid & Molt Inhibiting Hormon (MIH) : menghambat pergantian kulit. 

4. Amphibi 

hormon tiroksin : mempengaruhi metamorfosis. 
hormon epifisis : menyebabkan kulit menjadi pucat. 
hormon hipofisis menyebabkan warna kulit menjadi gelap. 

5. Ulat sutera (Bombyx mori) 
hormon feromon : menarik lawan jenis untuk melakukan proses reproduksi. 

Contoh hormon manusia : 

1. Adiponektin (Acrp30) / (Suatu jenis protein) 
fungsi'nya : Dia mengontrol beberapa proses metabolisme seperti regulasi glukosa dan katabolisme lipid, membantu mencegah penyakit seperti aterosklerosis, obesitas, diabetes tipe 2, penyakit hati berlemak non-alkohol (NAFLD), dll 

2. Hormon adrenokortikotropik (ACTH) 
fungsi'nya : Hal ini meningkatkan penyerapan lipoprotein ke dalam sel kortikal sehingga lebih banyak kolesterol yang tersedia untuk sel-sel dari korteks adrenal. Hal ini mendorong pengangkutan kolesterol ke dalam mitokondria dan merangsang hidrolisis tersebut. Hal ini memainkan peran penting dalam sintesis dan sekresi gluco-dan mineralo-kortikosteroid dan steroid androgenik. 

3. aldosteron (Hormon steroid) 
fungsi'nya : Ini mendorong reabsorpsi natrium di ginjal dan peningkatan volume darah, pelepasan kalium dan hidrogen melalui ginjal, meningkatkan retensi air dan kenaikan tingkat tekanan darah. 

4. androstenedion (4-androstenedion n 17-ketoestosterone) 
fungsi'nya : Hal ini mendorong produksi estrogen dalam sel granulosa dengan menyediakan substrat androstenedion. 

5. Angiotensinogen n angiotensin (AGT) 
fungsi'nya : Ini mengeluarkan aldosteron dari korteks adrenal dipsogen, dan menyebabkan vasokonstriksi atau penyempitan pembuluh darah. 

Posting Komentar untuk "Macam Macam Hormon yang Ada Pada hewan dan manusia Serta Fungsinya"