Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri Ciri Hewan Berdarah Panas dan Berdarah Dingin (Homoioterm dan Poikiloterm)

  HEWAN BERDARAH PANAS (Homoioterm) 

Homoiterm adalah hewan berdarah panas. Pada hewan homoiterm suhunya lebih stabil, hal ini dikarenakan adanya reseptor dalam otaknya sehingga dapat mengatur suhu tubuh. Hewan homoiterm dapat melakukan aktivitas pada suhu lingkungan yang berbeda akibat dari kemampuan mengatur suhu tubuh. Hewan homoiterm mempunyai variasi temperatur normal yang dipengaruhi oleh faktor umur, faktor kelamin, faktor lingkungan, faktor panjang waktu siang dan malam, faktor makanan yang dikonsumsi, dan faktor jenuh pencernaan air. Baca juga: Macam-macam hormon yang ada pada hewan dan manusia serta fungsinya

Hewan berdarah panas adalah hewan yang dapat menjaga suhu tubuhnya, pada suhu-suhu tertentu yang konstan biasanya lebih tinggi dibandingkan lingkungan sekitarnya. Sebagian panas hilang melalui proses radiasi, berkeringat yang menyejukkan badan. Melalui evaporasi berfungsi menjaga suhu tubuh agar tetap konstan. Contoh hewan berdarah panas adalah bangsa burung dan mamalia. 


Cir Ciri Hewan Berdarah Panas dan Berdarah Dingin (Homoioterm dan Poikiloterm)


HEWAN BERDARAH DINGIN (Poikiloterm) 

Hewan berdarah dingin atau disebut juga Poikiloterm adalah hewan yang suhu tubuhnya kira-kira sama dengan suhu lingkungan sekitarnya. Poikiloterm suhu tubuhnya dipengaruhi oleh lingkungan. Suhu tubuh bagian dalam lebih tinggi dibandingkan dengan suhu tubuh luar. Yang termasuk dalam Poikiloterm adalah bangsa Ikan, Reptil, dan Amfibi. 


Cir Ciri Hewan Berdarah Panas dan Berdarah Dingin (Homoioterm dan Poikiloterm)

jawaban lain

Ciri hewan berdarah panas :
- tubuhnya yang ditumbuhi rambut
- betinanya memiliki kelenjar susu untuk menyusui anaknya
-, suhu tubuhnya tergantung sama lingkungan sekitar

Ciri hewan berdarah dingin (poikiloterm)
-suhu tubuhnya nggak terpengaruh sama lingkungan sekitar

1 komentar untuk "Ciri Ciri Hewan Berdarah Panas dan Berdarah Dingin (Homoioterm dan Poikiloterm)"