Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumbang Badak, Hewan Terkuat di Dunia

Tahukah anda apa sebenarnya hewan paling kuat di planet bumi. Jika anda mengira hewan terkuat adalah gajah, banteng atau badak maka anda salah. Ya, dugaan sebagian besar orang pasti akan mengarah ke binatang-binatang pengangkut barang seperti itu. Secara absolut itu memang benar. Namun jika didasarkan dari presentase beban yang diangkat, mereka tidak ada apa-apanya dengan hewan terkuat yang satu ini.

Kumbang Badak, Hewan Terkuat di Dunia
foto jenis-jenis kumbang badak
Dialah Kumbang badak, jika kita melihat ukuran dan berat badan secara proporsional, hewan ini mampu mengangkat beban yang jauh lebih berat dari beban tubuhnya sendiri.

Kumbang badak (Dynastinae) adalah subfamili dari famili kumbang scarab (Scarabaeidae). Nama umum lainnya – beberapa kelompok tertentu kumbang badak – adalah misalnya Kumbang hercules, kumbang unicorn atau kumbang tanduk. Lebih dari 300 spesies kumbang badak telah dikenali.



Banyak kumbang badak yang terkenal karena bentuknya yang unik dan ukuran besar. Beberapa spesies terkenal adalah, misalnya, kumbang atlas (Chalcosoma atlas), Xylotrupes ulysses, kumbang gajah (Elephas Megasoma), kumbang badak eropa (Oryctes nasicornis), kumbang hercules (Dynastes hercules), kumbang badak jepang atau kabutomushi (Allomyrina dichotoma), kumbang lembu (Strategus aloeus) dan kumbang unicorn (Dynastes Tityus).

Binatang ini juga dikenal sebagai kumbang gajah atau kumbang hercules, nama yang diberikan untuk berbagai spesies keluarga Scarabaeidae. Dengan ukuran hanya sekitar 15 cm, hewan ini mampu mengangkat beban seberat 850 kali lipat beban tubuhnya sendiri. Wow!


Ini memang hewan super kuat. Ketika mengangkat benda berat, hewan ini diibaratkan seperti seorang pria yang sedang mengangkat beban seberat 60 ton atau mengangkat 60 unit mobil sekaligus.


Julukan paling populer untuk hewan ini adalah “Rhino”, karena kontruksi hewan ini memiliki kepala bertanduk mirip cula seekor badak yang berfungsi untuk bertarung melawan pesaing yang berani mencoba merayu pasangannya. Dengan kata lain tanduk ini digunakan untuk memperjuangkan cinta.


Banyak orang percaya bahwa binatang terkuat di bumi adalah gajah. Ya, untuk sementara hal itu memang benar. Gajah mampu mengangkat barang seberat 2000 kilogram atau 2 ton, tapi sayangnya jumlah ini hanya 33% dari berat tubuh gajah.


Jika dibandingkan dengan kekuatan kumbang badak yang mampu mengangkat beban 850 kali lipat lebih berat dari tubuhnya, ternyata gajah jauh kalah kuat jika dibandingkan dengan kumbang badak jika dihitung dalam persentase. Jika kumbang badak ini memiliki ukuran sebesar tubuh gajah, mungkin hewan ini akan menjungkir bulldozer terbesar di dunia yang mencoba mendorongnya.

sumber: juragancipir.com dan wikipedia

Posting Komentar untuk "Kumbang Badak, Hewan Terkuat di Dunia"