Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Dari Punuk Unta

Unta  merupakan spesies hewan berkuku belah dari genus Camelus yang memilki jenis punuk tunggal dan punuk ganda yang hidup ditemukan di wilayah kering atau gurun di Asia dan Afrika Utara. Rata-rata umur harapan hidup unta adalah relatif panjang sama dengan mamalia lain. APntara 30 sampai 50 tahun.


Fungsi Dari Punuk Unta

Domestikasi unta oleh manusia telah dimulai sejak kurang lebih 5.000 tahun yang lalu. Pemanfaatan unta antara lain untuk diambil susu (yang memiliki nilai nutrisi lebih tinggi daripada susu sapi) serta dagingnya, dan juga digunakan sebagai hewan pekerja.

Seperti yang diketahui, unta hidup di padang pasir yang memiliki rata-rata suhu udara yang mampu membunuh sebagian besar makhluk hidup. Selain itu, mereka mampu untuk tidak makan dan minum selama beberapa hari.Hebat sekali mereka.

Ada banyak hal yang membuat unta mampu beradaptasi. Salah satunya adalah punuknya. Banyak orang mengira punuknya menyimpan air, tetapi sebenarnya tidak. Punuk unta menyimpan lemak khusus, yang pada suatu saat bisa diubah menjadi air dengan bantuan oksigen hasil respirasi. Satu gram lemak yang ada pada punuk unta bisa diubah menjadi satu gram air.

Punuk yang berupa timbunan lemak berfungsi untuk menyediakan zat makanan bagi unta secara berkala ketika terjadi musim krisis  di padang pasir yang kering, atau ketika unta tidak mendapat makanan dan minuman selama berhari-hari sehingga ia  kelaparan. Dengan adanya punuk tersebut unta dapat bertahan hidup 3 minggu tanpa air.

Kemampuan adaptasi lainnya yang luar biasa adalah, sistem respirasinya meninggalkan sedikit sekali jejak uap air. uap air yang keluar dari paru-paru diserap kembali oleh tubuhnya melalui sel khusus yang terdapat di hidung bagian dalam, membentuk kristal dan suatu saat dapat diambil.

Posting Komentar untuk "Fungsi Dari Punuk Unta"