Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Faktor Penyebab Ikan Laut Peliharaan di Akuarium Sering Mati

Mungkin agan pecinta ikan laut sering bertanya mengapa ikan peliharaan saya sering mati, padahal sudah dirawat semampu kita alasannya adalah sebagai berikut.


Gan ane mau tambahin yah kalo diperbolehkan, sebenrnya berdasarkan pengalaman ane dulu berkecimpung di marine tank, faktor utama ikan laut mudah mati di akuarium :



1. Penangkapan pakai potas, ini benar2 merusak internal organ ikannya, jadi sekilas pas di toko ikan, ikannya nampak ngk mslh tp ternyata dipiara di akuarium, ikannya modar ngk lama kemudian. Tanda2 high potasium sianida adalah buta mata, badan godek2, stress, badan mulus tp diem mulu dipojokan.

2. Salah penangkapan ikan, dimana dinegara kita yg sedemikian kayanya, tp agan tau ngk sudah buanyak sekali ikan2 kita yg punah dari laut yg umumnya jadi area penangkapan mereka, yg mana bisa jadi ikan tersebut mgkn sudah benar2 punah juga dr laut indonesia, krn semua ikan ditangkap, tp sbnrnya tidak semua ikan bisa dipelihara di akuarium, krn keterbatasan cara mereka dalam mencari mangsa, atau kebutuhan khusus mereka thdp pola makan mereka, sy berhubungan dgn marine tank sejak taon 90, jadi sy melihat bagaimana buanyakkkk nya varietas ikan laut dahulu, dan bagaimana begitu monotonnya dan ikannya itu2 aja saat ini di toko2 ikan. Begitu pula termasuk terumbu karangnya yg skrg sudah jelek2, ngk spt dahulu. 

3. Keterbatasan dana dan ilmu pengetahuan para hobiis (sorry to say), mereka yg ilmunya masih jebot dan mohon maaf pula, kebanyaak hobiis ngk rela mengeluarkan kocek banyak buat ciptain life support sytem thdp tank nya, akibatnya piara ikan laut kagak bisa lama.

4. Keserakahan hobiis, krn ikan laut ini warnanya lbh cemerlang drpd ikan tawar, jadi kalo baru punya 1 atau 2 rasanya kurang, jadi diisi dgn jmlh yg banyak, plus dari berbagai jenis yg dilautnya aja mrk musuhan atau dihabitat yg berbeda, akibatnya yah gampang ditebak, stress dan kematian buat ikan2 laut itu.

5. Yg plg parah piyik penyu aja di jual di toko ikan laut, ini sdh parah modus penangkapan kekayaan laut kita, dan plg parah lagi ada juga hobiis tolol yg beli penyu. Pdhl kan penyu dilindungin, kalo mau piara, mending, beli kura2 atau kura2 darat.
beberapa kesalahan pemula pada ikan:

6. jangan impulsive kalo beli ikan, penambahan ikan sebaiknya satu-satu dalam jangka waktu yang teratur.

7. Aquarium jangan terlalu penuh.

8. Pastiin ikan pas beli di sesuaikan dulu ama kadar garam aquarium kita (ane dulu pake teknik tetes beberapa jam baru jaring dimasukin).

9. Sebelum beli ikan, pastiin baca dulu pola sama kepribadian ikannya, makannya apa, gampang ga makannya (contoh: Mandarin fish yang sangat picky dalam makan).

10. Pastiin ikan-ikannya juga cocok satu sama lain (contoh: damsel masuk agressive).

11. Masukin ikan pas semua penghuni lama uda kenyang dan ane selalu matiin lampu.

12. Test berkala kadar air, pastiin ga overfeeding dan top up menggunakan air RO, jangan pake air keran.

demikian artikell faktor penyebab Ikan Laut Peliharaan di Akuarium Sering Mati semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Faktor Penyebab Ikan Laut Peliharaan di Akuarium Sering Mati"