Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ikan Pari Air Tawar, Predator yang Dijadikan Ikan Hias

Pari Air Tawar dalam bahasa Inggris di sebut Freshwater Stingray dengan bahasa latin Potamotrygon sp pada beberapa tahun ini mulai populer oleh para penghobi ikan hias air tawar, ikan Pari Air Tawar ini memiliki bentuk tubuh yang unik dan cara berenangnya yang seperti terbang mengepakkan sayap dalam aquarium.

Ikan Pari Air Tawar, Predator yang Dijadikan Ikan Hias

Untuk membedakan antara Pari Air Tawar Betina atau Jantan, sebenarnya cukuplah mudah, perbedaan fisik akan terlihat jelas di pangkal ekornya, Pari Air Tawar jantan memiliki penjepit di kedua sisi pangkal ekornya, sementara yang betina tidak.

Klasifikasi ikan pari air tawar
 Kingdom: Animalia
 Phylum: Chordata
 Class: Chondrichthyes
 Subclass: Elasmobranchii
 Order: Myliobatiformes
 Family: Potamotrygonidae
 Genus: Potamotrygon

Ikan pari air tawar berasal dari perairan sungai tropis dan subtropis di bagian Amerika Selatan mulai dari Karibia sampai Argentina.

Ikan pari air tawar merupakan jenis ikan perenang bawah yang cocok sekali digabung sebagai tankmate ikan arowana.

Ikan hias pari air tawar ini dapat dapat tumuh maksimal hingga panjang 2 meter dan diameter tubuh sebesar 31 cm.

Ikan pari ini merupakan ikan yang sangat rakus dalam hal makan. Tipsnya berikanlah ikan pari makan jangan terlalu banyak setiap fasenya namun sering diberi pakan dengan jeda waktu.

Ikan pari air tawar ini kabarnya sangatlah mudah dibudidayakan di iklim dan perairan Indonesia. Sehingga bisa menjadi peluang bisnis baru di dunia perikanan.

Pada beberapa sungai besar di seluruh dunia terdapat spesies Pari Air Tawar, namun spesies yang paling banyak di temukan di sepanjang sungai Amazon dan beberapa negara di Amerika Selatan, mulai dari Peru, Kolumbia sampai ke Brazil adalah jenis Potamotrygon Motoro, Potamotrygon Leopoldi, Potamotrygon Estrella, Potrygon poliodondan sakura dan lain-lain. 

Jenis leopoldi adalah yang paling mahal, karena warnanya juga paling unik, totol putih di warna tubuhnya yang hitam. Momotaro merupakan ikan pari air tawar yang sudah banyak di budidayakan di Indonesia. Harganya juga masih terjangkau disbanding dengan jenis ikan pari yang lainnya. Harga eceran masih anakan dengan diameter antara 10 sampai 12 cm, saat ini rata-rata Rp 750.000 /ekor.

Seperti Pari yang ada di laut Laut, Pari Air Tawar juga mempunyai sengat yang terdapat pada bagian bawah ekornya, sengat tersebut cukup berbahaya bila tersengat, apalagi kalau diameter Pari nya cukup besar, mungkin bisa mengakibatkan kematian.

Bila ingin memelihara Pari Air Tawar, kondisi air haruslah di perhatikan, Pari Air Tawar menginginkan air Tua (air yang diendapkan lama) yg jernih, dengan Amoniak yg rendah dan pH Air sekitar 6,5. 

Pakan ikan pari tawar bisa di berikan udang yang masih hidup dan ikan kecil.

Posting Komentar untuk "Ikan Pari Air Tawar, Predator yang Dijadikan Ikan Hias"