Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Hewan Buas, Ciri, dan Contohnya

Hewan buas diambil dari Kamus besar bahasa Indonesia memiliki pengertian binatang liar dan biasanya memusuhi manusia (biasanya ganas, seperti harimau, serigala). Hewan dianggap sebagai hewan buas adalah hewan yang berbahaya bagi manusia. Arti berbahaya disini adalah bisa menyerang dengan gigitan, tandukan, cakaran, menyengat, menyemburkan racun, menerkam dan serangan berbahaya lainnya yang dapat menimbulkan luka bahkan kematian bagi manusia. Meskipun manusia adalah salah satu mahkluk yang menempati posisi puncak dalam piramida kehidupan; namun beberapa binatang liar memiliki ‘senjata-senjata’ yang bisa membahayakan manusia ketika hewan ini merasa terancam


Hewan buas juga bisa berarti hewan liar merupakan hewan-hewan yang tidak pernah didomestikasi atau dipelihara atau dibiasakan hidup bersama manusia karena berbahaya atau tidak sesuai habitatnya dengan manusia.

Hewan buas atau hewan liar pada hakikatnya juga membentuk suatu komunitas atau masyarakat dengan sesama populasinya dan berinteraksi dengan spesies lain melalui berbagai macam simbiosis yang ada. Itulah kehidupan satwa liar di alam bebas.

Ciri-ciri hewan buas

1. Lahir dan hidup di alam liar
2. Biasanya tidak dipelihara manusia (Liar)
3. Menyerang bila diganggu atau merasa terancam
4. Berbahaya bagi manusia


Contoh dan daftar 15 hewan paling buas di dunia

1. Kerbau Afrika
2. Singa Afrika
3. Beruang Kutub
4. Macan Tutul
5. Harimau
6. Ular Black Mamba
7. Ular Cobra
8. Sigung atau musang madu
9. Kuda nil
10. Srigala
11. Buaya
12, Gajah Afrika

Posting Komentar untuk "Pengertian Hewan Buas, Ciri, dan Contohnya"