Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Badan Ikan Sangat Licin? Ini Alasannya

Ikan adalah anggota vertebrata poikilotermik (berdarah dingin) yang hidup di air dan bernapas dengan insang. Ikan merupakan kelompok vertebrata yang paling beraneka ragam dengan jumlah spesies lebih dari 27,000 di seluruh dunia. 



Secara taksonomi, ikan tergolong kelompok paraphyletic yang hubungan kekerabatannya masih diperdebatkan; biasanya ikan dibagi menjadi ikan tanpa rahang (kelas Agnatha, 75 spesies termasuk lamprey dan ikan hag), ikan bertulang rawan (kelas Chondrichthyes, 800 spesies termasuk hiu dan pari), dan sisanya tergolong ikan bertulang keras (kelas Osteichthyes). Ikan dalam berbagai bahasa daerah disebut iwak

Ibumu ingin memasak ikan di dapur dan kamu disuruh mengambil ikan di dalam bak air. Saat kamu mau mengambil ikan tersebut. Kamu merasa kesulitan untuk mengambil ikan tersebut dari bak karena badan ikan terasa licin.

Lalu, karena kamu mempunyai jiwa sains. Kamu pun mulai bertanya-tanya dalam hati. Ini ikan kenapa badannya licin ya?

Tubuh ikan terasa licin karena tubuh ikan itu dilapisi oleh mucus yang disebut sebagai lendir.Mucus itu terdiri dari sel-sel yang menghasilkan senyawa glyco-protein dimana ketika senyawa tersebut bercampur dengan air membuat mucus itu menjadi berlendir dan licin.

Terus, fungsi mucus bagi ikan untuk apa?

Nah, tubuh ikan yang berlendir itu membantu ikan untuk melindungi dirinya dari para predator yang ingin memangsa para ikan.

Kamu pernah tidak mau menangkap ikan dengan tangan kosong di sungai tapi kamu tidak berhasil menangkapnya karena ikannya berhasil kabur dengan cepat dalam air. Alasan ikan bisa bergerak cepat di dalam air karena lendir di tubuh ikan tersebut mengurangi turbulensi air sehingga para ikan bisa bergerak sangat cepat di dalam air.

Mucus tersebut juga membantu para ikan agar bisa terhindar dari patogen yang mungkin akan menempel di tubuh ikan. Patogen tidak bisa menempel di tubuh ikan karena terlalu licin dan lendir tersebut bisa menyerang patogen karena lendir tersebut berfungsi sebagai antibodi pada tubuh ikan.

Sudah terjawab ya kenapa ikan badannya licin. Badan ikan licin karena para ikan ingin melindungi dirinya dari para predator. Jadi, kenapa kamu sulit mengambil ikan di dalam bak karena ikan tersebut takut digoreng oleh Ibumu dan para ikan menganggap bahwa kamu sebagai manusia adalah predator buas.

Sumber:
Wikipedia
Quora

Posting Komentar untuk "Mengapa Badan Ikan Sangat Licin? Ini Alasannya"